Adanya UKM Kokesma, Mahasiswa Terpenuhi Kebutuhannya - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Senin, 05 Maret 2018

Adanya UKM Kokesma, Mahasiswa Terpenuhi Kebutuhannya

Reporter : Riri Alya
Redaktur : Selvi Mayasari

(Salah satu produk dari UKM Kokesma. Sumber :instagram.com)

SERANG- Kokesma merupakan UKM koperasi di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Kokesma merupakan singkatan dari Koperasi Kesejahteraan Mahasiswa. Koperasi ini didirikan karena alumni-alumni terdahulu itu merasa bahwa Untirta membutuhkan wadah untuk mahasiswa yang berminat dibidang wirausaha. Seperti Koperasi yang lainnya, Kokesma menjual barang dan menawarkan jasa untuk mahasiswa untirta seperti menjual Alat Tulis, merchandaise yang unik dan Jasa Print.

 ”Sampai saat ini sih Kokesma sudah ada beberapa cabang usaha. Sekarang kita bagi usaha itu menjadi dua. Ada cabang usaha dagang dan cabang usaha jasa. Jadi dagang itu kita nantinya kaya print, ATK, dan kemudian ada mesin fotocopy dan jasanya kita ada banyak. Pertama kita ada konveksi, tour and travel dan catering serta ada pulsa dan sebagainya,” tutur Iman Firman selaku Ketua Umum Kokesma.

Selain itu Kokesma Untirta menyediakan suatu produk yang memang dibutuhkan oleh mahasiswa Untirta yaitu merchandaise Untirta yang merupakan produk andalannya. Namun Merchandaise tersebut hanya diproduksi jika ada mahasiswa yang memesan.

Dibentuknya Kokesma ini sangat membantu mahasiswa Untirta untuk memenuhi kebutuhannya sebagai mahasiswa. Seperti salah satu mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dewi Mulyani yang merupakan salah satu pembeli dan pengguna jasa dari kokesma ini menuturkan sangat terbantu dengan adanya kokesma ini.

“Iya saya suka menggunakan jasa print untuk mencetak tugas kuliah saya. Walaupun tidak sering ya,” Ujar Dewi.

Iman Firman menuturkan kendala yang menghambat jalannya koperasi mahasiswa ini. Ia mengatakan bahwa sistem manajerialnya lah yang menjadi kendala. Karena yang mengelola ini adalah mahasiswa yang memiliki kesibukan masing-masing dibidang akademiknya. “Jadi kita itu intinya tidak bisa fokus sama koperasinya saja karena kami harus fokus juga dengan akademiknya. Jadi fokus kita itu terbagi-bagi.” Ucapnya. Dari kendala tersebutlah mungkin yang menjadikan pendapatan kokesma ini masih rendah.

Walaupun begitu banyak prestasi yang diraih. Seperti belum lama ini Kokesma meraih juara satu dan dua dalam lomba cerdas cermat wira kompetisi yang diselenggarakan Dinas Koperasi Provinsi Banten. (RAH/SLV/Newsroom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar