Antusiasme Siswa Menyambut Kedatangan Presiden Jokowi - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Senin, 19 Maret 2018

Antusiasme Siswa Menyambut Kedatangan Presiden Jokowi

Reporter : Jihan Chadijah
Redaktur : Ulvia Fitra Aini



Beberapa siswa/i di alun-alun Serang yang menunggu kedatangan Presiden Jokowi.
Rabu (14/3)

SERANG- Rabu (14/3) Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Serang, Banten. Kunjungan tersebut merupakan kegiatan rutin Presiden dalam menjalankan pemerintahannya. Dimulai dari mengunjungi pesantren An-Nawawi untuk peluncuran acara Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Dilanjutkan dengan penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP)  dan Program Keluarga Harapan (PKH) yang bertempat di GOR Alun-Alun Kota Serang. Agenda dilanjutkan menuju Stadion Maulana Yusuf untuk penyerahan serifikat tanah untuk rakyat.

Perlu diketahui, KIP merupakan pemberian bantuan tunai pendidikan kepada seluruh anak usia sekolah (6-21 tahun) yang menerima KIP atau yang berasal dari keluarga miskin dan rentan atau anak yang memilki kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Sedangkan PKH sendiri adalah program perlindungam sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dan bagi anggota keluarga RTSM diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan. (www.tnp2k.go.id)

Pembagian KIP dihadiri oleh beberapa sekolah sekitar Serang yang mengirimkan perwakilan dari beberapa guru pendamping dan siswa yang namanya sudah dipilih dari pusat untuk mendapatkan KIP. Salah satu Sekolah Dasar yang berkesempatan hadir yaitu SD Neglasari yang memberangkatkan 7 orang siswanya untuk mendapatkan KIP. Dikarenakan kabar mengenai kedatangan Presiden Jokowi yang mendadak pada Selasa sore (13/3) maka diberitahukan kepada anak-anak malam hari dan keesokannya diberikan pengarahan.

“Malam dikumpulkan, kemudian pagi-pagi disuruh kumpul, dimotivasi kepada anak-anak untuk selalu berani tampil untuk mempersiapkan diri karena berdasarkan pengalaman kan, Pak Jokowi itu selalu bawa sepeda gitu. Jadi saya memotivasi ke anak-anak ayo kalau Pak Jokowi memberikan kesempatan untuk bertanya maju, harus berani.” ujar Nunung Nurhaidah (50) selaku guru SD Neglasari yang ditugaskan untuk mendampingi para siswa bertemu Presiden. (16/3)

Tanggapan lainnya datang dari siswi SD Neglasari yang berkesempatan untuk menghadiri pembagian KIP yaitu Tri Yuliani. Tri mengaku kaget dan tidak menyangka ketika diberi tahu akan bertemu dengan Presiden Jokowi. Siswi yang duduk di kelas 5 SD ini pun sudah mempersiapkan hapalan tentang nama-nama ikan dan Pancasila. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya Presiden selalu memberikan sepeda disetiap kunjungannya untuk dibagikan.

Nunung mengharapkan dengan kedatangan Presiden Jokowi mampu memotivasi anak untuk meningkatkan semangat belajar dan berani tampil di depan umum. Terbukti dengan keberanian seorang siswa yang mampu membawa pulang hadiah sepeda Presiden. Itulah hasil yang didapat. (JCH/UFA/NEWSROOM)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar