Dodol Betawi Khas Cilenggang Oleh-Oleh dari Kota Tangerang Selatan - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Senin, 05 Maret 2018

Dodol Betawi Khas Cilenggang Oleh-Oleh dari Kota Tangerang Selatan

Reporter : Marcell Faldi
Redaktur : Jasmine Putri Larasati


Dodol Betawi Khas Cilenggang yang telah siap disajikan, Tangerang Selatan, Jumat (23/2/2018)
(Sumber:
 tangerang-keren.blogspot) 

Tangerang Selatan- Kota Tangerang Selatan sebagai salah satu kota yang terletak di provinsi Banten, memiliki beragam kekayaan alam dan budaya serta tentutnya juga memiliki berbagai macam makanan khas yang unik dan menarik serta mampu menggugah selera mayarakat, salah satunya yaitu dodol Betawi khas Cilenggang.

Dodol Betawi khas Cilenggang yang biasa disajikan sebagai makanan wajib oleh warga Cilenggang terutama yang bersuku Betawi dalam berbagai acara seperti pernikahan,arisan dan hajatan ini memiliki keunggulan  tersendiri yang membuatnya berbeda dari dodol daerah lain dan mampu menarik minat masyarakat.

“Dodol Cilenggang ini teksturnya lebih kenyal namun lembut dan lebih tahan lama dibandingkan dengan dodol lain yang biasanya tekstur terbaiknya hanya tahan 2 sampai 3 hari lalu langsung keras, kalau dodol Cilenggang bisa tahan sampai 2 minggu.” Tutur Asep pengolah toko Dodol Cilenggang Titi Mugi Jaya, pada Jumat (23/2).

Cara pengolahan dodol Betawi khasi Cilenggang ini pada dasarnya sama seperti pengolahan dodol yang lain pada umumnya. Olahan dodol dipersiapkan lalu diaduk diatas kuali besar kurang lebih selama enam jam tiga puluh menit sampai matang lalu masuk ke dalam proses pengemasan dan dijual.

 “Dodol Cilenggang ini tidak hanya diminati oleh masyarakat Cilenggang saja tetapi banyak juga dari luar kota datang kesini untuk beli dodol, bahkan ada dari Papua yang memesan dodol Cilenggang. Hal itu membuat pesanan jadi banyak terutama di bulan puasa kita bisa produksi sampai 7 ton dodol.” Ujar Asep

“Dodol Cilenggang itu enak manisnya lebih pas dan terasa dari pada dodol yang lain. Di zaman sekarang yang serba modern ini jangan sampai Dodol Cilenggang kehilangan eksistensinya kita sebagai masyarakat Indonsia khususnya Tangerang Selatan harus mampu mempertankanya.” Ujar Meta Nurisyahna pelanggan dodol Betawi khas Cilenggang berpendat bahwa untuk dapat menikmati rasa yang khas dari dodol Betawi khas Cilenggang ini kita hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.11.000 untuk satu dodol dan jika ingin membawa dodol untuk sanak keluarga kita dapat membeli dengan harga Rp.42.000 perkilo dodol Cilenggang. (MF/JPL/Newsroom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar