Edukasi Akhir Pekan Melalui Aksi Women’s March Serang - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 06 Maret 2018

Edukasi Akhir Pekan Melalui Aksi Women’s March Serang

Reporter : Ari Septihadi
Redaktur : Jasmine Putri Larasati


Massa Women’s March Serang saat berkumpul di Monumen Perjuangan Masyarakat Banten (AS)

SERANG – Menjelang peringatan Hari Wanita Sedunia pada tanggal 8 Maret, sejumlah masyarakat di beberapa kota di Indonesia menggelar aksi yang disebut dengan Women’s March (WM). Di Serang aksi dengan seruan #LawanBersama tersebut dilaksanakan pada Minggu (4/3) di Alun-alun Kota Serang. Aksi ini sengaja dilakukan di akhir pekan meski peringatan Hari Wanita Sedunia masih beberapa hari lagi.

“Untuk mendapatkan momen kebersamaan karena lebih banyak yang bisa berkumpul dan ikut turun ke jalan di akhir pekan,” ujar Dita Angelia, Koordinator gerakan WM Serang saat diwawancarai selepas aksi.

Selain itu situasi alun-alun yang ramai saat akhir pekan juga membuat apa yang mereka suarakan dapat didengar lebih banyak orang. Dita mengatakan, gerakan yang pertama kali diadakan di Kota Serang ini bertemakan tentang membangun kesadaran bersama atas kekerasan dalam hubungan. Massa beratributkan poster yang berisikan tuntutan tentang perlakuan terhadap perempuan ini mengawali aksi dengan berjalan kaki dari Stadion Maulana Yusuf dan berakhir di Monumen Perjuangan Masyarakat Banten, Alun-alun Kota Serang.

Aksi ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang diadakan oleh WM Serang. Sejak bulan Februari lalu, WM Serang telah melakukan beberapa kegiatan seperti pemutaran film, diskusi, literasi, dan menggaet dukungan melalui cap tangan.

Meski pertama kali diadakan di Kota Serang, gerakan sosial ini diikuti sejumlah komunitas di Kota Serang dan masyarakat umum. Diantaranya ada beberapa siswi SMA yang mau ikut turun ke jalan dalam aksi yang mereka ketahui melalui akun instagram WM Serang (@womensmarchserang).

“Karena kasus kekerasan (terhadap wanita) lagi rawan-rawannya”, ujar Oi

Akhir pekan yang biasanya mereka habiskan di rumah menjadi lebih bermenfaat dengan mengikuti WM Serang dengan bertambahnya wawasan mereka tentang hak-hak perempuan.

“Dapet teman baru juga,” ujar Afifah.

Selain melakukan orasi tentang kesetaraan gender, WM Serang juga membagikan stiker yang berisi fakta kekerasan verbal dan non-verbal terhadap perempuan ke pengguna jalan.

Women’s March merupakan agenda tahunan yang dilakukan setahun sekali. Dengan adanya gerakan ini masyarakat, khususnya wanita, dapat menyalurkan aspirasi dan tuntutan untuk membela perempuan. Masyarakat juga dapaet menambah wawasan mereka tentang hak-hak perempuan. Meski sudah terlaksana, masih ada kesempatan tahun depan untuk ikut berpartisipasi dalam aksi ini. (AS/JPL/Newsroom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar