Eksistensi Film Mata Dewa di Kalangan Pemain Basket - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 13 Maret 2018

Eksistensi Film Mata Dewa di Kalangan Pemain Basket

Reporter : Tasha
Redaktur : Tiara Dwi Ristanti







Poster film Mata Dewa (sumber: film.mbahsinopsis.id)

Mata Dewa, sebuah film Indonesia hasil garapan Sinema Imaji, DBL Indonesia, serta Shanaya Films yang rilis pada 8 Maret lalu. Kemunculan film yang menceritakan seorang pemain basket bernama Dewa yang memiliki mimpi membawa sekolahnya memenangkan juara Developmental Basketball Leage (DBL), menuai berbagai komentar dari para pemain basket FISIP Untirta.

Gaby, salah satu anggota basket FISIP Untirta, meskipuan belum sempat menonton film Mata Dewa, namun ia menyambut baik adanya film tersebut

“Seneng sih pasti. Karena selama ini jarang gitu ada film Indonesia yang tentang basket. Terus apalagi katanya itu based on true story yaaa”, ujar pemilik nama lengkap Gabriella Junita

Menurut Gabriella, yang akrab disapa Gaby, basket tidak hanya sekedar hobi dan olahraga. Lebih dari itu, melalui basket ia mendapatkan pelajaran hidup baik dari pelatih dan teman-temannya. Melalui basket juga ia dapat belajar bagaimana caranya menghargai semua orang dengan baik dan bijak.
 
Dalam film Mata Dewa pun yang menceritakan seorang pemain basket, Dewa, mengalami insiden yang membuatnya kehilangan fungsi penglihatan di salah satu matanya. Tetapi, semua itu tidak menyurutkan semangatnya. Film ini merupakan film basket pertama di Indonesia. Film Mata Dewa sendiri diangkat dari kisah nyata seorang peserta DBL yang berasal dari Indonesia bagian timur.

Berbeda dengan Gaby, Anggia, ketua basket FISIP Untirta mengaku tidak tahu menahu mengenai film tentang baket yang berjudul Mata Dewa. 

“Saya baru tahu ada film tentang basket. Karena yang saya tahu, film tentang basket itu cuma ada di anime aja”, ungkap Anggia.

Sama halnya dengan Gaby, meskipun ia belum menonton film Mata Dewa, namun ketua tim basket FISIP Untirta itu berencana untuk menonton film tentang basket tersebut. Bagi Anggia, basket sudah menjadi hobinya sejak duduk di bangku kelas satu Sekolah Menengah Pertama(SMP).

Awal terjun ke dunia basket alasannya ya karena awalnya iseng-iseng aja, tapi sekarang udah jadi hobi yang gak bisa diganggu gugat”, pungkasnya.
 
Berbicara mengenai prestasi tim basket FISIP Untirta, telah meraih kemenangan dalam berbagai kejuaraan. Mulai dari POM Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2014, Universe Cup 2014, juga Runner Up Universe Cup 2015.

Anggia pun berharap agar lebih banyak diadakan event-event basket di regional Serang atau Banten, dan lebih banyak yang berkontribusi di basket FISIP Untirta agar tidak dipandang sebelah mata.
(TMG/ARA/NEWSROOM)













TRANSKRIP WAWANCARA
ANGGIA
KETUA BASKET FISIP

Apakah anda tahu film 'Mata Dewa'?
Gak tau kalau ada film berjudul 'Mata Dewa'.

Apakah anda sudah menontonnya? Atau ada niat untuk nonton?
Belum nonton, Insya Allah nonton.

Bagaimana tanggapan anda saat mengetahui ada film basket yang pertama di Indonesia?
Saya baru tahu jika ada film tentang basket, karena yang saya tahu, film tentang basket itu cuman ada di anime doang.

Menurut anda, basket itu apa sih?
Basket itu adalah hobi.

Sudah berapa lama main basket?
Main basket sejak dari kelas 1 SMP sampai sekarang.

Alasan anda terjun ke dunia basket?
Alasannya ya karena awalnya iseng-iseng aja, tapi sekarang udah jadi hobi yang gak bisa diganggu gugat.

Apa saja prestasi yang sudah diraih oleh Tim Basket FISIP?
Prestasi yang diraih POM Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2014, Universe Cup 2014, Runner Up Universe Cup 2015.

Harapan untuk dunia basket dan Tim Basket Untirta?
Harapannya lebih banyak event-event basket di regional Serang atau Banten. Harapan untuk basket FISIP lebih banyak yang berkontribusi di basket FISIP Untirta dan basket FISIP tidak dipandang sebelah mata lagi.
TRANSKRIP WAWANCARA
GABRIELLA
ANGGOTA BASKET FISIP

Apakah anda tahu film 'Mata Dewa'?
Tau kok.

Apakah anda sudah menontonnya? Atau ada niat untuk nonton?
Belum nonton. Gak tahu yaa, karena gak begitu suka nonton film Indonesia di bioskop gitu sih.

Bagaimana tanggapan anda saat mengetahui ada film basket yang pertama di Indonesia?
Seneng sih pasti. Karena selama ini jarang gitu ada film Indo tentang basket. Terus apalagi katanya itu based on true story yaaa.

Menurut anda, basket itu apa sih?
Basket menurutku bukan sekedar hobi sama olahraga sih. Karena di basket, aku sering banget dapet life lessons gitu. Entah itu dari coach, atau temen sendiri. Cuma yang paling penting, di situ aku bisa belajar gimana caranya ngehargain orang. Semua orang, dengan baik, dengan bijak. Abis itu biasanya orang-orang bilang kalo anak olahraga pasti akademiknya jelek. No. Karena basket banyak pola yang susah, kalo bodoh, yaa mana bisa ngerti pola. Gitu. Apalagi ya... Ya undescribeable sih. Karena basket kalo buat aku tempat ngeluapin perasaan aja, pas lagi seneng, sedih gitu galau-galau, bete, itu ke basket. Karena ya enak aja ketemu orang, main bareng, punya hobi yang sama bareng-bareng.

Sudah berapa lama main basket?
Dari SD main basketnya, tapi ya dulu anak SD gimana sih, cuma suka aja megang-megang bola.

Alasan anda terjun ke dunia basket?
I dont know. I love this game so I don't think I need reason to do that because I do it with love sih. Tapi dulu karena gak sengaja aja, karena suka olahraga, dan adanya basket. Jadi keterusan. Dan ternyata olahraga ini satu-satunya yang gak bikin gua bosen, malah bikin jiwa kompetitif gua ningkat terus karena mau lebih baik dari orang lain kemampuannya.

Harapan anda untuk dunia basket?
Semoga bisa lebih berkembang lagi di semua kalangan sampe ke pelosok, dan semoga turnamen-turnamen untuk ngeliat perkembangan atlet-atlet muda basket di Indonesia selalu ada.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar