Fasilitas Olahraga Untirta yang ‘Seadanya’ - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 06 Maret 2018

Fasilitas Olahraga Untirta yang ‘Seadanya’

Reporter : Tasha Meyra
Redaktur : Tiara Dwi Ristanti


Kondisi lapangan futsal Kampus A Untirta saat ini. (Foto: Tasha Meyra)

Serang ­­­­­­­­­– Universitas Sultan Ageng Tirtayasa atau biasa disebut Untirta merupakan salah satu universitas negeri yang ada di Provinsi Banten. Untirta memiliki 4 lokasi kampus, yaitu kampus A yang merupakan kampus pusat yang berada di Pakupatan, kampus B yang ditempati oleh fakultas teknik berada di Cilegon, kampus C yang ditempati fakultas pendidikan berada di Ciwaru, dan kampus D3 akademi keperawatan yang berada di Kepandean. Seperti kampus lainnya, Untirta mempunyai berbagai macam fasilitas di dalamnya, termasuk fasilitas olahraga.
Hingga saat ini, Untirta hanya memiliki beberapa fasilitas olahraga. Seperti di Kampus A dan B hanya terdapat lapangan basket, voli, futsal, dan wall climbing. Pada kampus C bahkan tidak ada sama sekali fasilitas olahraga, hal ini mungkin disebabkan oleh tahap renovasi yang masih berjalan. Serta kampus D3 akademi keperawatan hanya ada fasilitas untuk olahraga biasa.
Kepala Biro Umum, Kepegawaian, dan Keuangan (BUKK) Untirta, Deden, mengakui bahwa fasilitas olahraga yang ada di Untirta memang belum memadai dan belum ideal.
“Ya kalau dibilang tidak memadai, ya memang tidak memadai. Tetapi kita memang berusaha menyediakan apa yang diminta oleh mahasiswa. Minimal ada tempat untuk berinteraksi”, ujar Deden.
Kepala BUKK menambahkan bahwa Untirta belum ada rencana untuk membangun fasilitas olahraga yang baru di karenakan keterbatasan lahan. Namun, untuk pembangunan kampus Untirta di Sindangsari akan dibangun fasilitas olahraga secara lengkap yang akan dinamakan ‘Sport Center’.
“Kalau di sini (kampus A) karena keterbatasan lahan, jangankan untuk olahraga, untuk parkir saja susah. Kalo di sini mungkin hanya memperbaiki fasilitas yang sudah ada. Apa yang kurang, akan kita perbaiki”, serunya.
Rahmat, selaku staff kemahasiswaan bagian olahraga Untirta, menyatakan bahwa di Sindangsari nanti, segala fasilitas olahraga yang akan dibangun tergantung dari minat mahasiswa.
“Semoga tahun 2020 kita akan menempatkan tempat yang baru yang InsyaAllah semua ada. Tapi kita tergantung ya, dipilah dulu. Tergantung dari minat mahasiswanya lebih menyukai bidang olahraga apa”, ujar Rahmat.
Di sisi lain, salah satu anggota UKM Olahraga Untirta, Andre, mengatakan bahwa fasilitas olahraga yang ada di Untirta sudah baik. Namun, masih disayangkan ada beberapa cabang olahraga yang harus latihan di luar kampus.
“Contohnya seperti cabang olahraga badminton. Mereka harus menyewa lapangan badminton di Citra Abana yang ada di Lontar. Itu terjadi karena Untirta belum memiliki lapangan badminton sendiri”, ungkap Andre.
Ia berharap, segala kerusakan fasilitas olahraga yang ada di Untirta dapat segera diperbaiki, dan juga ketersediaan fasilitas olahraga untuk setiap cabang olahraga yang ada. (TMG/ARA/NEWSROOM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar