Keresahan Masyarakat Terhadap Mars Perindo - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 13 Maret 2018

Keresahan Masyarakat Terhadap Mars Perindo

Reporter : Rezka Listiani Sinaga
Redaktur : Fatimatul Zahra




(Salah satu kegiatan partai perindo yang bertempat di Kantor DPD Partai Perindo Kabupaten Probolinggo dalam acara bazar beras murah/Partai Perindo)

            SERANG (11/03), Partai Persatuan Indonesia (Perindo) merupakan partai yang dimiliki oleh Hary Tanoesoedibjo seorang pengusaha di bidang media massa. Hary Tanoe bahkan memanfaatkan medianya untuk mengkampanyekan Mars Perindo kepada masyarakat. Media yang dimiliki oleh Hary Tanoe adalah MNC GROUP, yang di bagi menjadi RCTI, MNCTV, GTV dan I-NEWS. 

            Namun, penayangan mars perindo ini membuat sebagian masyarakat khawatir dan resah, salah satunya adalah Sri Wijayati, seorang warga Kota Serang yang mengaku bahwa anak-anaknya jadi lebih suka menghafal lagu mars perindo daripada lagu anak-anak yang semestinya, “boleh-boleh saja jika ingin menayangkan iklan seperti itu, namun harus di perhatikan waktu penayangannya, jangan sampai saat acara kartun yang banyak anak-anak menonton, malah disuguhkan dengan mars perindo” Tambah Sri. 

            Beberapa bulan yang lalu, penayangan mars perindo pernah ditegur oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), hal itu dikarenakan bahwa iklan mars perindo tidak sesuai dengan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) yang menyatakan bahwa program siaran wajib untuk dimanfaatkan demi kepentingan publik dan tidak untuk kepentingan kelompok tertentu.

            Namun, pihak dari Perindo menyayangkan hal tersebut. Dilansir dari kumparan, Sekjen Perindo, Ahmad Rofiq menuturkan bahwa ada tekanan dari luar KPI sehingga mengambil tindakan itu. Selama ini lagu Mars Perindo memang kerap ditayangkan di 4 stasiun televisi itu. "Kalau KPI bersikap independen saya kira tidak bisa ditekan kita melihat realita bahwa lembaga independen pun masuk dalam tekanan itu. Partai perindo samgat kooperatif kita turunkan, tetapi kita juga mempersoalkan soal surat teguran dan kita lihat ada proses hukum yang dilakukan," tambah Rofiq.

            Wijaya Kusuma mewakili selaku Corporate Networking Director iNews mengatakan untuk saat ini, partai perindo mengaku sudah tidak menayangkan mars perindo di stasiun tv MNC Group, hal itu dinyatakan saat partai perindo berkunjung ke Bawaslu RI beberapa hari yang lalu. (RLS/FZK/Newroom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar