Komunitas BMX Tetap Berlatih Saat Jokowi Berkunjung ke Serang - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Senin, 19 Maret 2018

Komunitas BMX Tetap Berlatih Saat Jokowi Berkunjung ke Serang

Reporter : Atika Yahmadillah
Redaktur : Tiara Dwi Ristanti



(Kegiatan Komunitas Attack City BMX saat mengikuti kejuaraan di Serang, sumber : foto pribadi narasumber)

Serang - 14 Maret lalu, Presiden Joko Widodo beserta Iriana Widodo mengunjungi Kota Serang, salah satu tempat yang ia datangi adalah Alun-Alun Barat Kota Serang. Alun-Alun Kota Serang sendiri terbagi menjadi dua yaitu bagian timur dan bagian barat. Alun-Alun barat biasanya berfungsi sebagai sarana untuk acara pemerintahan seperti, upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI), dan lain lain, sedangkan alun alun timur sebagai sarana olahraga. Berbagai komunitas olahraga menggunakan alun alun sebagai tempat latihan, salah satunya adalah Komunitas Attack City BMX.

Kedatangan Joko Widodo (Jokowi) ke alun alun tidak membuat kegiatan Komunitas Attack City BMX terhenti, mereka tetap latihan sebagaimana mestinya. 
 "Kedatangan Jokowi ngga berpengaruh sih, itu kan di Alun-Alun sebelah, jadi tetep latihan aja kaya biasanya, dan emang ngga penasaran, rame banget soalnya”, ujar Ahmad Farhan, anggota Komunitas Attack City BMX.
 
Komunitas BMX itu sendiri berdiri pada tahun 2009 yang diawali oleh minat anak muda Kota Serang terhadap atraksi sepeda. Memiliki anggota sekitar 50 orang, Komunitas Attack City BMX ini biasa berlatih di Stadion Maulana Yusuf, namun arena yang digunakan untuk latihan sering kali dipakai bermain oleh anak anak, sehingga komunitas ini berpindah tempat ke Alun-Alun Timur Kota Serang.

Ahmad Farhan, anggota dari Komunitas Attack City BMX, mengaku telah mengikuti komunitas ini sejak kelas enam sekolah dasar. Berawal dari rasa penasaran, kini laki laki berumur 15 tahun ini sudah bisa melakukan beberapa trik seperti bunny hop dan barspin.

"Disini enak belajar bareng, ngulik trik bareng, soalnya emang ngga ada pelatih, jadi yang mau gabung juga tinggal dateng aja yang penting punya sepeda BMX", imbuh Farhan.

Komunitas ini berlatih sekitar dua jam, dari pukul 16.00 sampai 18.00 di Alun-Alun Timur Kota Serang. Selain itu Komunitas Attack City pun telah menjuarai berbagai kejuaraan, seperti juara satu tingkat nasional kategori junior pada 2017 lalu.

Burhanudin (27), selaku Kepala Satuan Tugas Alun-Alun Kota Serang, mengaku bangga, karena sekarang Alun-Alun lebih berfungsi sebagai tempat olahraga. Apalagi dengan momentum kedatangan presiden, tempat tersebut menjadi lebih ramai didatangi para pengunjung. Ia juga berharap agar Alun-Alun semakin bagus, dan lebih banyak komunitas yang memanfaatkan fasilitas yang ada dengan efektif, serta masyarakat pun sadar akan 3K yaitu kebersihan, kesehatan dan ketertiban, agar salah satu ikon Kota Serang itu tetap terjaga dengan baik. (AYD/ARA/NEWSROOM)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar