Macet Pasca Kedatangan Presiden Jokowi - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 20 Maret 2018

Macet Pasca Kedatangan Presiden Jokowi

Reporter : Galuh Latifa Dea
Redaktur : Agnes Yusuf


Keadaan jalan raya di perempatan dekat alun-alun

Pada 14 Maret kemarin, Kota Serang telah dikunjungi oleh orang nomor satu di Indonesia yaitu Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Iriana Joko widodo. Jokowi berkunjungan  dalam rangka bersilaturahmi dengan Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara dan peluncuran program Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Wafa Mandiri serta penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH), dan bantuan sosial pangan rastra. 

Sebelum kunjungannya ke Serang pihak Polda, Polres dan jajaran TNI telah melakukan rapat untuk membicarakan arus-arus mana saja yang akan dijadikan jalur khusus untuk dilalui oleh Presiden Jokowi dan meminimalisir kemacetan yang akan terjadi.  Untuk mempersingkat waktu, pihak lalu lintas juga melakukan rekayasa lalu lintas seperti di Serang Timur dan di beberapa titik tertentu.

Kedatangan Jokowi tersebut menyebabkan kemacetan dibeberapa titik seperti di perempatan Pocis, dekat kantor Gubernur Kota Serang dan di depan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin, selebihnya lalu lintas terpantau cukup lancar.

"Untuk macet di beberapa titik ada, tapi itu tidak untuk waktu yang sangat lama karena apabila diberlakukan hal tersebut tetap kita memikirkan alternatif yang ada," ujar Briptu Edwin.

Ayu Tia Salah satu mahasiswa Pendidikan Biologi tidak merasa  terganggu atas kunjungan Presiden Jokowi ke Serang karena tidak melalui jalur lalu lintas yang sama dengan Jokowi "Jalur yang saya lewati cuma sampai lampu merah Carrefour jadi ya lancar-lancar aja." Imbuhnya.

 Sementara itu, Farhan, selaku Ojek Online, malah merasakan kemacetan. Ada beberapa rute jalan di Kota Serang yang ditutup akibat kedatangan Jokowi. Dampaknya ia menjadi kebingungan harus berkendara lewat mana, mau tak mau ia pun menunggu macet hingga reda. 

Briptu Edwin menjelaskan bahwa keselamatan Presiden yang utama dan arus akan tetap dijaga hanya untuk pelaksanaan nya pihak lalu lintas mencari waktu senggang contohnya seperti Presiden Jokowi sedang sholat. Namun tidak sepenuhnya prioritas pihak lalu lintas untuk Presiden, karena masyarakat akan dirugikan juga, oleh karena itu pihak lalu lintas mengatur lalu lintas sebisa mungkin. (GLD/AY/Newsroom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar