Menambah Motivasi Belajar dengan Lagu Bahasa Inggris - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 13 Maret 2018

Menambah Motivasi Belajar dengan Lagu Bahasa Inggris

Reporter : Ghea Yustika
Redaktur : Ulvia Fitra A.



(lirik dari sebuah lagu Bahasa Inggris yang menumbuhkan rasa
Keingintahuan orang terhadap Bahasa Inggris. Credit : Google)

          TANGERANG- Lagu merupakan gubahan seni nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan gubahan musik yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan (source : wikipedia). Penggunaan lagu dahulu hanya sebagai sesuatu yang bisa didengar atau dirasakan serta didendangkan.

Kegunaan lagu sendiri tergantung pada pendengarnya. Salah satu fungsinya yaitu untuk pembelajaran. Seperti dengan mendengarkan lagu Bahasa Asing atau Bahasa Inggris, dapat menjadi motivasi tersendiri seseorang untuk belajar bahasa tersebut.

Caesar Ahmad Akbar yang merupakan seorang guru les Bahasa Inggris di LBPP Lia mengatakan bahwa lagu Bahasa Inggris berperan dalam sistem belajar Bahasa Inggris. Namun tidak menjadi hal utama untuk bahan ajaran, yaitu  hanya pengisi atau intermezzo saat belajar saja.

 “Dengar lagu, jelas impprove mood. Berarti ada kemungkinan impprove daya terima pelajaran mereka di kelas, menambah semangat belajarnya ada. Apalagi kalau kita bisa mengikuti lagu-lagu yang sedang hits,“ Ujar Caesar.

Caesar juga berkata bahwa dengan lagu khususnya lagu Bahasa Inggris dapat menumbuhkan minat seseorang untuk belajar Bahasa Inggris. Dengan lagu juga seseorang bisa menjadi semangat dalam mendalami sebuah ilmu. 

“Tapi kalau beneran untuk belajar bangetnya agak kurangnya. Hanya selingan saja tapi mereka karena moodnya senang jadi siap untuk menerima pembelajaran.” Jawab Caesar ketika ditanya mengenai lagu Bahasa Inggris sebagai modal awal untuk orang belajar Bahasa Inggris. Sama halnya dengan Dona Dyah, seorang mahasiswi yang selalu mendengarkan lagu Bahasa Inggris di hari-harinya.

 “Awalnya sih gak, tapi karena lagunya enak jadi berusaha untuk mengetahui artinya serta maknanya dalam lagu tersebut,” Jawab Dona ketika ditanya mengenai arti dari lagu yang ia sering dengarkan. Sabtu (10/3).

Dona melanjutkan, dengan mendengarkan lagu Bahasa Inggris, terdapat motivasi dalam diri untuk menambah kosa kata atau rasa untuk mengetahui lebih banyak tentang Bahasa Inggris dan ingin terus menambah ilmu. (GY/UFA/NEWSROOM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar