Musik bagi Pendidikan Anak Usia Dini - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 13 Maret 2018

Musik bagi Pendidikan Anak Usia Dini

Reporter : Jihan Chadijah
Redaktur : Ulvia Fitra A.



Kegiatan pembelajaran di kelas untuk anak usia dini dengan musik mampu meningkatkan daya ingat anak dan menciptakan suasana gembira. Sumber : (google.co.id). (11/3)

TANGERANG- Hari Musik Nasional diperingati setiap tanggal 9 Maret di Indonesia, yang bertujuan untuk menghargai para musisi sekaligus Musik Tanah Air. Mengapa dipilih tanggal 9 Maret? Jawabannya adalah karena bertepatan dengan tanggal lahir WR Soepratman pencipta lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Musik menjadi salah satu hal yang penting bagi semua golongan karena pada dasarnya musik bersifat universal begitu pula bagi anak-anak, pada Minggu (11/3)

Tidak jarang sekolah PAUD atau TK menggunakan musik sebagai media dalam proses pembelajaran. Karena dengan menggunakan musik, anak-anak lebih mudah dalam menghafal, dengan metode seperti ini anak-anak seperti sedang bermain sehingga mereka santai dan tidak tegang. Kelebihan dari menggunakan musik dan lagu dalam pembelajaran yaitu anak lebih tertarik, lebih termotivasi, lebih cepat mengingat atau mencerna yang  diajarkan, anak lebih cepat menghafal dan tidak cepat bosan. Dalam memilih lagu yang akan diajarkan kepada anak juga tidak sembarangan, ada beberapa syarat-syarat yang perlu diperhatikan.

“ Lagu yang diajarkan harus dikenal atau disukai anak, lagu yang diajarkan yang teksnya ringan dan tidak terlalu panjang, lagu harus berisi materi yang diajarkan, lagu harus berisi pesan atau nilai yang sesuai dengan tingkat usia anak.“ Ujar Yayah Badriah yang berprofesi sebagai Guru TK .

Yayah juga menambahkan pembelajaran menggunakan musik lebih cepat diserap karena anak-anak lebih tertarik dan lebih termotivasi untuk belajar dengan suasana yang dibuat gembira. Dengan suasana yang gembira tersebut anak juga akan ikut gembira sehingga apa yang diajarkan cepat diterima oleh akal dan pemikirannya, anak-anak tidak akan merasa tertekan.

Tanggapan serupa pun diungkapkan oleh orangtua siswa TK, Rachma yang memiliki anak berusia 4 tahun menurutnya pembelajaran menggunakan musik lebih efektif karena membuat suasana belajar lebih riang, tidak membosankan karena dengan menggunakan musik anak dapat melakukan kegiatan belajar dengan suasana menyenangkan. Bahkan lagu-lagu yang diajarkan di sekolah sampai diulang berkali-kali ketika anak sudah pulang ke rumah.

 “Ya, hampir setiap hari apa yang diajarkan disekolah terutama menyanyi, anak selalu mengulangnya.” tutur Rachma. (10/3). (JCH/UFA/NEWSROOM) 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar