Musikalisasi Pelajar Serang - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 13 Maret 2018

Musikalisasi Pelajar Serang

Reporter : Didi Suhaedi
Redaktur : Agnes Yusuf



Panggung Seni Dan Budaya Dalam Perayan Hari Musik Nasional. Di gelar oleh Mahasiswa dan Pelajar Serang. (9/3)

Serang (12/3) - Setiap tanggal 9 maret, indonesia selalu memperingati hari musik nasional. Tidak terlepas dari itu, perayaan hari musik nasional bertepatan dengan hari lahir Wage Rudolf Soepratman, salah satu tokoh pencipta lagu indonesia raya. Hari musik nasional ini selalu di peringati setiap tahun nya, terkhusus dari berbagai kalangan.

Perayaan Hari Musik Nasional ini mendapatkan tanggapan dari beberapa kelompok musik, terutama kalangan mahasiswa, salah satunya adalah SeninBudaya dan Perlawanan atau yang disingkat menjadi Sebulan. Kelompok penyanyi yang beranggotakan lima orang ini berada di lingkup kampus Untirta, mereka tergabung dalam organisasi mahasiswa Nuansa Daerah Pendidikan (NDP)

Lagu-lagu yang dibawakan Sebulan selalu dibalut kritik sosial dan rasa kemanusiaan sebab lagu adalah sarana yang paling mudah di terima oleh masyarakat luas. Karena menurut Sebulan, musik itu bisa digunakan sebagai gambaran keadaan masyarakat yang terjadi di suatu daerah atau negara. Seperti suatu daerah terjadi ketertindasan maka musik bisa untuk menggambarkan keadaan setempat melalui irama-irama yang dinyanyikan kemudian mereka mengemas musik menjadi penyalur kepada masyarakat luas.

 "Mahasiswa adalah seorang intelektual tidak boleh berpisah dari permasalahan-permasalahan sosial, musik menjadi alat alternatif untuk mengabarkan kepada teman-teman mahasiswa yang lain bahwa musik bisa menjadi alat perjuangan." Ungkap Rivki Dwi, mahasiswa jurusan Ilmu Hukum yang tergabung dalam kelompok musik Sebulan. Ia juga menambahkan bahwa di hari musik ini, mereka mengkampanyekan musik itu bukan hanya sekedar cinta-cintaan belaka.

Di hari Musik Nasional tahun ini, kalangan mahasiswa dan pelajar sangat antusias merayakannya, dengan di gelar panggung seni dan budaya oleh para mahasiswa Serang yang diadakan pada Jumat (9/3) di Perpustakaan Daerah Serang.  Tidak ketinggalan para pemusik dari kampus Untirta turut meramaikan acara tersebut. Aang salah satu mahasiswa Jurusan Administrasi Negara FISIP Untirta ini berharap di Momentum Hari Musik Nasional dapat dijadikan sebagai lompatan, agar musik Indonesia mampu menjadi pendorong kemajuan budaya Indonesia dan musisi-musisi mampu mengangkat nama baik Indonesia di kancah internasional. (DS/AY/NewsRoom) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar