Pemindahan Jurusan FKIP di Semester Genap - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Senin, 05 Maret 2018

Pemindahan Jurusan FKIP di Semester Genap

Reporter : M. Reza Pratama
Redaktur : Agnes Yusuf
Gedung baru di Kampus C Ciwaru, tempat mahasiswa melangsungkan kegiatan perkuliahan



Serang (22/2) - Pembenahan guna memperbaiki sarana dan prasarana perkuliahan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) terus dilakukan. Selain pembangunan kampus Sindangsari, pemindahan beberapa jurusan yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) pun menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran.

Pada tahun 2017 ada tiga jurusan yang sudah pindah dari kampus A Pakupatan ke kampus C Ciwaru, yaitu Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI)  dan Pendidikan Guru PAUD. Sebelumnya sudah ada sebelas jurusan yang memang bertempat di kampus C Ciwaru. Pada awal semester genap tahun 2018 ini, ada 2 jurusan lagi yang pindah ke kampus C Ciwaru, yaitu jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Namun masih ada dua jurusan lagi yang belum dipindahkan, yaitu pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi. Hal itu dikarenakan gedung yang masih dalam tahap pembangunan dan ruang perkuliahan yang masih kurang. Selain itu, kendala yang dihadapi adalah laboratorium Matematika dan Biologi masih berada di kampus A Pakupatan.

“Kampus Ciwaru akan menjadi pusat FKIP kedepannya, karena calon guru perlu penanganan khusus untuk disiplin dan sebagainya” ujar Suroso Mukti Leksono selaku Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, terkait pemindahan jurusan FKIP dari kampus A Pakupatan ke Kampus C Ciwaru.

 Menurut Suroso, pemindahan jurusan FKIP yang ada di kampus A ke kampus C  bertujuan untuk menjadikan kampus C sebagai pusat FKIP Untirta. Hal itu dikarenakan untuk mempermudah akses belajar mengajar semua jurusan yang ada di FKIP. Ia menambahkan, pada tahun 2020 semua gedung yang dalam tahap pembangunan akan selesai dan semua jurusan FKIP akan dipindahkan ke kampus C.

Menurut salah satu mahasiswa jurusan Pendidikan Luar sekolah Jaka Panca Priatna, ia menyambut baik atas pemindahan jurusan FKIP dari kampus A ke kampus C, selain bisa mempersatukan semua jurusan FKIP, hal itu memudahkan aktivitas perkuliahan. Namun ia sangat menyayangkan pemindahan tersebut, yang menurutnya terlihat terburu-buru dan ia merasakan ketidaknyamanan saat di kelas, karena kelas yang digunakan hanya disekat menggunankan papan triplek. Menurutnya hal itu sangat mengganggu proses belajar mengajar.

Sama halnya juga menurut Risa Oktavia mahasiswi jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Ia menganggap kampus Ciwaru masih belum terlalu siap untuk menampung seluruh jurusan FKIP. Seperti halnya jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang masih membutuhkan laboratorium yang belum ada di kampus C.

Dikarenakan laboratorium Pendidikan bahasa inggris masih berada di kampus A pakupatan, mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris harus bolak-balik dari kampus C ke kampus A dan sebaliknya hanya untuk ke laboratorium Pendidikan Bahasa Inggris, selain menguras tenaga, mereka harus mengeluarkan uang lebih dari biasanya. (MRP/AY/Newsroom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar