Pentingnya Pendidikan Bagi Perempuan - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 06 Maret 2018

Pentingnya Pendidikan Bagi Perempuan

Reporter : Jihan Chadijah
Redaktur : Ulvia Fitra Aini



(Peran terpenting perempuan sebagai Ibu
 Sumber: VICE Indonesia)

SERANG- Pendidikan merupakan suatu hal yang terpenting saat ini. Karena melalui itu akan terciptanya generasi penerus yang berkualitas. Begitu pula untuk kaum perempuan, dahulu memang benar untuk mendapatkan pendidikan bagi kaum perempuan sangat sulit, tetapi berbeda untuk zaman sekarang. Perempuan modern yaitu perempuan yang mampu menyeimbangkan antara kebutuhan-kebutuhan dirinya akan keluarga juga aktualisasi diri yang mampu didapatkan dengan cara karir, pekerjaan, usaha dan lain sebagainya. Dalam diri seorang perempuan modern memiliki dua hasrat yang tidak dapat dipisahkan yaitu mencapai aktualisasi diri dan hasrat memiliki keluarga. Semakin teredukasinya seorang perempuan maka akan mampu menyeimbangkan kedua hal tersebut berjalan secara beriringan.
Apalagi pada akhirnya perempuan itu akan menjadi seorang Ibu yang akan memiliki anak-anak, jadi semakin teredukasinya seorang perempuan maka akan mampu mendidik anak-anaknya dikemudian hari menjadi anak-anak yang hebat. Pada zaman yang semakin maju ini pula peran para perempuan sudah sangat diakui dengan sebutan sebagai “Wanita Karir”. Peran perempuan sudah sangat jauh dibandingkan 30 tahun yang lalu, yang bahkan tidak dapat dibayangkan perempuan akan menduduki kursi pemerintahan seperti sekarang ini. Seperti Sri Mulyani yang telah dinobatkan menjadi Mentri Terbaik di Dunia, itu adalah contoh seorang wanita yang mampu menyeimbangkan karir dengan keluarganya.
Seperti penuturan Ibu Uliviana yang menjadi sosok wanita masa kini, tetap berkarir namun masih menyeimbangkan dengan kehidupan berkeluarganya. “Ya, pendidikan itu penting, tidak bisa tergantikan tetapi jangan kemudian kita atau perempuan menganggap pendidikan hanya sebatas pada sekolah semata, pendidikan itu bisa dimana saja. Jadi artinya saya tidak ingin membatasi pendidikan pada pendidikan formal semata, tetapi pendidikan formal tetap bisa digunakan untuk mencapai tujuan kita.” Beliau pun menambahkan quote yang ditulisnya sendiri “Ketika Anda berada disebuah kolam kecil Anda akan menjadi besar,sebesar kolam itu tetapi kalau Anda di lautan anda akan menjadi sangat besar melebihi kolam yang sebelumnya anda miliki ” (1/3)
Pandangan serupa pun diungkapkan oleh Umi Yenni “Kalau untuk zaman sekarang itu (pendidikan) sangat diperlukan banget, perempuan tetap harus berpendidikan dan maju karena untuk mengimbangi situasi zaman sekarang. Contohnya wawasan perempuan kalau di dapur terus kurang baik emang perempuan ujung-ujungnya di dapur tapi kita nantinya kan berkeluarga jadi istri punya anak.” (2/3) Menurutnya juga bila pada zaman dulu sudah cukup bila seorang perempuan bisa baca tulis saja, tidak seperti sekarang yang bila perlu sampai terbang keluar negeri untuk mecari ilmu.
Sehingga dapat dikatakan anggapan yang mengatakan bahwa perempuan tidak diharuskan berpendidikan itu kurang tepat apalagi untuk masa sekarang. Para perempuan dimana pun  sudah harus mensejajarkan diri dengan kaum laki-laki tatapi harus diingat pula ada batasan-batasan yang perlu dilakukan. Perempuan harus mampu berdiri sendiri, jangan menunggu orang lain mengatakan hebat tetapi harus percaya diri dan mampu mengatakan bahwa diri saya hebat. (JCH/UV/Newsroom)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar