Peranan Musik Dalam Kehidupan Sosial - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 13 Maret 2018

Peranan Musik Dalam Kehidupan Sosial

Reporter : Arif Ardiansyah
Redaktur : Mulyani Pratiwi





(Sumber: hobi,usik.wordpress.com)
 
            SERANG - Pada Jumat (9/3) kemarin, kita telah memperingati hari musik nasional. Banyak cara yang bisa dilakukan dalam memperingati hari musik nasional, salah satunya adalah dengan cara mengapresiasi karya musik dari anak-anak bangsa. Namun sebenarnya, bagaimana fungsi serta peran dari musik dalam kehidupan kita?

            Banyak masyarakat yang mengatakan bahwa musik telah menjadi suatu kebutuhan dalam hidup manusia sehari-hari. Ada yang berpendapat bahwa musik bisa membantu kita dalam melakukan segala aktivitas dalam kehidupan kita. Dengan musik kita bisa lebih fokus dan menenangkan.

            “Fungsi musik dalam kehidupan saya itu musik bisa membuat saya lebih fokus untuk menjalankan kegiatan saya, seperti belajar dan lain-lain. Selain itu juga dengan musik saya bisa berpikir lebih cepat” tutur salah seorang pemuda Tangerang, Reyhan hidayat yang menjelaskan tentang peran musik dalam kehidupannya.

Selain itu juga, masyarakat bisa menjadikan musik sebagai cara untuk mengekspresikan isi hati. Itulah yang kemudian dirasakan oleh salah satu pemuda pencinta musik bernama Mayer Gabriel. Ia mengatakan bahwa dengan musik kita bisa melampiaskan segala perasaan yang ada. Sehingga apa yang kita rasakan bisa tercurahkan dengan indah.

            “Peran musik bagi gua itu media untuk mengekspresikan atau mengendalikan mood, sehingga hidup kita menjadi berwarna.” Ujarnya

            Beberapa orang memiliki waktu yang pas untuk bisa mendengarkan musik, misalnya pada saat waktu senggang, galau, saat capek setelah melakukan aktivitas, bahkan juga banyak orang yang mendengarkan musik saat bekerja dan aktivitas lainnya supaya lebih bersemangat.

            “Waktu yang pas buat dengerin musik itu pas lagi pusing banyak masalah, lagi main game, dan lagi nganggur.” Kata Reyhan

            Bukan hanya dalam waktu senggang, tetapi banyak orang yang memanfaatkan musik sebagai cara mengurangi rasa bosan dalam perjalanan berkendara. Kemacetan dan padatnya kendaraan dijalanan yang sering menghambat perjalanan membuat kita kelelahan dan letih, maka dengan mendengarkan musik kita bisa mengurangi rasa itu.

            “Biasanya kalo dalam perjalanan pas lagi macet-macetnya dijalan, karena suka bosen kalo lama-lama dijalanan. Makanya dengan mendengar musik, bosen itu bisa ilang” kata salah satu Mahasiswa, Nugroho yang biasa mengemudi untuk berpergian.

            Meski mendengarkan musik dalam berkendara dianggap membahayakan si pengendara karena bisa mengganggu konsentrasi, tetapi sepertinya hal ini telah menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh beberapa orang. Diharapkan meskipun musik mempunyai manfaat yang besar dalam kehidupan kita, tetapi kita juga tidak boleh hilang konsentrasi dalam melakukan segal aktivitas apalagi pada saat berkendara yang bisa membuat keadaan kita menjadi berbahaya. (Newsroom/AA/ESW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar