Perempuan Juga Bisa Menopang Perekonomian - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 06 Maret 2018

Perempuan Juga Bisa Menopang Perekonomian

Reporter : Alda Cahya Pratiwi


Serang(29/2)- Pandangan masyarakat terhadap perempuan biasanya hanya sumur dapur dan kasur. Tapi kali ini, pandangan tersebut bisa dipatahkan oleh seorang pekerja migran yang bakan bisa menjadi sumber utama devisa Negara. Tercatat tahun lalu, devisa yang dihasilkan oleh TKI hanya sekitar USD10 miliar. Namun tetap, pekerja migran adalah sumber devisa negara terbesar setelah minyak bumi dan gas.
Seperti yang dilansir dari Detik.com Deputi Perlindungan BNP2TKI Lisna Y Poelongan mengungkapkan bahwa jasa pengiriman uang alias remitansi Tenaga Kerja Indonesia (TKI), menyumbang 10% nilai APBN. Ini berarti benar bila dikatakan pekerja migran adalah Pahlawan Devisa Negara.
Pekerja Migran pada saat ini semakin di dominasi oleh kaum perempuan, hinga akhirnya banyak sekali yang memutuskan untuk menjadi Tenaga Kerja Wanita(TKW). Alasan yang palimg utama adalah karena desakan ekonomi seperti yang diungkapkan oleh Wiwin Warsiating yang rela untuk meninggalkan anak dan keluarganya. Menurutnya, upah yang didapatkan selama ia bekerja disana cukup untuk menghidupinya, namun biaya hidup di luar lebih besar dari Indonesia.
Maka sudah sepatutnya pemerintah negara Indonesia memberikan apresiasi lebih kepada para pekerja migran. Karena selain mereka bisa menopang perekonomian hidup sehari-hari, mereka pun bisa menjadi sumber perekonomian negara Indonesia. (ACP/SLV/NEWSROOM)

*) Tulisan ini tidak melalui proses pengeditan redaktur, karena kekurangan data dan bahan serta narasumber yang tidak dicantumkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar