Peringatan Hari Musik Nasional di Mata Mahasiswa - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 13 Maret 2018

Peringatan Hari Musik Nasional di Mata Mahasiswa



 Reporter : Ihram Rizki Setiawan
 Redaktur : Agnes Yusuf



Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Klasik sedang menggelar pentas musik di Kantin Belakang, kampus A Untirta. Pentas musik ini diadakan dengan tujuan sebagai apresiasi terhadap musik di Indonesia. (Foto: http://bidikutamaonline.blogspot.co.id)

Setiap tanggal 9 Maret diperingati sebagai Hari Musik Nasional. Hari ini ditetapkan pada tanggal 9 Maret karena juga bertepatan dengan hari lahir Pahlawan Nasional yang juga merupakan pencipta lagu-lagu bertema nasional dan kebangsaan, yaitu Wage Rudolf Soepratman.

Peringatan Hari Musik Nasional ini memiliki tujuan untuk menghormati serta menghargai para musisi dan lagu-lagu nya. Sedangkan mengenai penetapan Hari Musik Nasional pada tanggal 9 Maret ini disahkan oleh Presiden melalui Keppres Nomor 10 Tahun 2013.

Rencana untuk menetapkan Hari Musik Nasional ternyata sudah disiapkan sejak tahun 2003. Yaitu Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) yang memiliki usulan pertama kali dan langsung menyampaikan kepada Presiden pada saat itu Megawati Soekarno Putri, namun usulan tersebut ditolak. Selang satu dekade kemudian baru lah usulan tersebut diresmikan oleh Presiden Ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada 9 Maret 2013.

Perayaan Hari Musik Nasional terus berlangsung hingga sekarang. Pada tahun lalu yaitu 9 Maret 2017, perayaan Hari Musik Nasional digelar di Istana Negara. Dimana Presiden Joko Widodo mengundang para penyanyi dan musisi di Tanah Air. Sekitar 200 musisi Indonesia datang ke perayaan Hari Musik Nasional. Selain itu Presiden Joko Widodo juga membuka Munas VII PAPPRI.
 
Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini 9 Maret 2018 perayaan Hari Musik Nasional digelar di Taman Ismail Marzuki. Rencananya PAPPRI akan mengundang Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia (PAMMI) untuk turut serta memeriahkan acara.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk ikut serta mendukung Hari Musik Nasional, bisa dengan kita menghargai karya para musisi dan penyanyi di Tanah Air atau pun bisa juga dengan ikut turut serta dalam berkarya dan bermusik.

Imelda Ameliasari mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa misalnya, ia adalah seorang mahasiswi yang juga berprofesi sebagai penyanyi. Dibuktikan dengan sudah pernah melakukan rekaman dengan label rekaman musik. Single pertama nya berjudul Cinta di Hati dirilis pada tahun 2016 lalu.

Bisa dibilang saya ini musisi dan ingin mendedikasikan hidup saya untuk musik, bagaimana pun saya harus membanggakan nama Indonesia, mulai dari titik terendah dan sampai nanti di titik saya sudah sukses.” kata Imelda yang juga turut mendukung adanya perayaan Hari Musik Nasional.

Sama seperti Imelda, Rivaldo Jensdy, mahasiswa jurusan Akuntasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang juga tergabung dalam Paduan Suara Mahasiswa Untirta mengatakan bahwa Hari Musik Nasional ini adalah sebuah peringatan yang penting, selain tujuannya untuk mengingat jasa W.R. Soepratman, ini juga untuk menghargai musisi di Tanah Air. (IRS/AY/News Room)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar