Persiapan UNBK di Kota Cilegon - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 27 Maret 2018

Persiapan UNBK di Kota Cilegon


Nama : sherly pratiwi 
Redaktur: Ulvia Fitra Aini



Gambar pada saat simulasi UNBK di lab SMK Al-Islah Kota Cilegon.
 

CILEGON- Menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan diselenggarakan serentak oleh sekolah tingkat SMA dan SMK di Kota Cilegon, yang akan dilakukan pada tanggal 13 hingga 15 april 2018. Ujian Nasional Berbasis Komputer ini cukup memudahkan bagi siswa, tidak perlu lagi membulatkan kertas lebar jawaban. Selain itu ujian ini lebih cepat dan praktis. (25/3)
Di Kota Cilegon saat ini sudah banyak Sekolah Menengah Atas yang menggunakan Ujian Berbasis Komputer. Sebenarnya UNBK ini sudah diterapkan oleh Dinas Pendidikan dari tahun lalu. Sayangnya ada beberapa sekolah yang terlambat menggunakan Ujian Berbasis Komputer ini, karena ada sedikit keterlambatan mulai dari penambahan daya kemudian persiapan penambahan komputer oleh pihak sekolah.
SMK Al-Islah Cilegon merupakan salah satu sekolah yang baru menggunakan Ujian Berbasis Komputer di tahun 2018 ini. Perlu banyak persiapan yang harus dilakukan oleh sekolah ini mulai dari pembaruan software, persiapan jenset sebagai cadangan listrik agar tidak terjadi kendala pada saat ujian komputer dimulai.
“Persiapan sarana dan prasarana semua sudah di upgrade. Dari mulai penambahan daya kemudian persiapan komputer. Kita memiliki 67 komputer dari 137 siswa di bagi tiga sesi setiap sesinya 60 siswa kita memiliki 2 lab,” ujar Woro selaku kepala sekolah.
Sekolah juga memberikan edukasi cara menggunakan komputer ini, seperti try out.  Sistem  ini dirasa cukup memudahkan siswa dan menghemat waktu bagi siswa dalam mengerjakan soal-soal Ujian Nasional ini.
Selain persiapan dari sarana dan prasarana, ada pula persiapan ketat untuk siswa supaya tidak terjadi contek-mencontek. Persiapannya yaitu akan ada jarak posisi duduk peserta sekitar kurang lebih satu meter supaya siswa tidak bisa menengok kanan atau kiri dan perserta dipastikan tidak akan bisa mencontek karna soal akan berbentuk paket.
“Menurut saya sepertinya peserta tidak akan bisa mencontek karena setiap siswa memiliki paket soal yang berbeda-beda, dengan cara membedakan paket soal dalam beberapa lembar saja sudah cukup membuat siswa sulit mencontek dan tidak akan bisa mencontek dengan kawan sebelahnya” ujar Ita sebagai guru.
Meskipun baru pertama kali dilakukan ujian nasional berbasis komputer ini, sekolah mengharapkan semuanya lancar dan tidak ada kendala apapun itu. Para persertapun cukup kondusif dalam pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer.(SP/UFA/NEWSROOM)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar