Produk Musik ala Mayer Gabriel - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 13 Maret 2018

Produk Musik ala Mayer Gabriel

Reporter : Stephanus
Redaktur : Hani Maulia







Mayer Gabriel. (dok. Pribadi)
         


Tahun 2016 merupakan tahun dimana musik-musik Electronic Dance atau EDM mulai booming, nama-nama seperti Martin Garrix, Alan Walker, Kygo dan The Chainsmoker menjadi trending dengan karya musiknya. Dari situlah ketertarikan Mayer Gabriel dengan dunia musik elektronik mulai muncul. Ketertarikan tersebut menuntunya untuk mencari tahu seperti apa cara membuat musik seperti itu. Di akhir tahun 2016, ia mulai giat mencari berbagai video tutorial di YouTube sebagai referensinya untuk belajar membuat musik. Kemudian barulah ia mencoba sedikit demi sedikit untuk mengerjakan musiknya sendiri. Terangnya saat diwancarai via telepon pada Sabtu (10/3).

“Dulu sih karena sering denger lagunya Kygo, Martin Garrix jadi kayak inspired dari mereka,” ujarnya. Ia yang tengah sibuk dengan aktivitas kuliahnya di semester ke-enamnya di  jurusan Ekonomi Pembangunan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menganggap dengan memproduksi musik sendiri itu sebagai medianya untuk mengekspresikan mood yang ada, selain itu juga terkadang ia merasa ada dorongan tersendiri saat dia mendengarkan lagu yang ada di Soundcloud atau Spotify.

Untuk software ia mengunakan FL Studio dan Ableton. “Untuk dapat membuat musik sendiri yang pertama harus tahu cara kerja software yang akan dipakai seperti Ableton atau FL Studio tadi. Untuk menggarap musik di software sendiri tidak harus mengerti musik secara teori seperti bacaan not dan sebagainya, tetapi yang penting yaitu peka terhadap nada dimana itu penting saat menambahkan instrumen-instrumen seperti kick drum, piano, gitar atau vocal. Setelah itu mixing lalu kemudian ahkhirnya mastering,” lengkapnya.

Untuk genre ia mengikuti perkembangan musik-musik yang ada di pasaran, seperti sekarang ini trend musik Hip-Hop sedang naik maka ia akan mengulik musiknya di genre Hip-Hop juga. Mayer sendiri selain mengunggah beberapa karya musiknya di akun Soundcloudnya bernama Mayer Gabriel, ia juga kerap menguggah beberapa video yang ia buat mengenai electronic music itu di akun YouTube Mayer Gabriel miliknya. Kedepannya ia ingin mencoba lebih produktif dimana ia bisa membuat beat-beat baru atau bahkan lagu setiap minggunya. (STE/HNI/Newsroom)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar