Sekolah di Lebak Siap Melaksanakan UNBK - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 27 Maret 2018

Sekolah di Lebak Siap Melaksanakan UNBK

Reporter : Riri Alya

Redaktur : Ulvia Fitra Aini

SMA Negeri 1 Rangkasbitung merupakan salah satu sekolah di Lebak yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer.
Lebak – Ujian Nasional tahun ini di Kabupaten Lebak, mulai menggunakan  komputer atau yang lebih dikenal dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Persiapan UNBK di Sekolah-sekolah daerah yang bisa dikatakan tertinggal ini harus benar-benar dipersiapkan. Salah satu sekolah di Lebak ini ternyata sudah benar-benar mempersiapkan untuk UNBK tahun ini. Seperti yang dikatakan Dudi Wahyudi Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum saat ditemui di SMAN 1 Rangkasbitung. (25/3)
“Ketika berbicara apa yang sudah dipersiapkan pasti diantaranya adalah sarana dan prasarana komputer yang menyangkut masalah teknis nanti, dalam pelaksanaan UN itu. Dalam kebijakan UNBK dihitung satu per tiga dari jumlah siswa jadi minimum sekolah harus memiliki satu per tiga unit komputer atau laptop dari jumlah siswa. Kalau SMAN 1 sendiri ada 262 siswa dibagi tiga sekitar 90 unit Komputer yang harus dipenuhi dan itu semua sudah terpenuhi karena kami punya lebih dari 100 unit komputer, “ ujar Dudi (23/3).
Dudi mengatakan persiapan UNBK ini sudah dilakukan dari dua tahun yang lalu. Dudi mengatakan pemenuhan fasilitas sarana dan prasana tersebut dari dana pusat pemerintah dan dana provinsi.
“Dan itu dananya bersumber dari macam-macam, ada yang dari dana pusat pemerintah ada yang dari dana Provinsi bahkan ada yang dari bagian pembelian dari dana komite sekolah dua tahun yang lalu. Kalau sekarang dana komite sudah tidak boleh, jadi semua ini bersumber dari dana provinsi atau dana nasional, dan itu pun sifatnya menunggu,” ungkap Dudi.
Ada kendala saat dilakukannya persiapan UNBK ini. Salah satunya adalah perawatan komputer itu sendiri. Menurut Dudi komputer itu butuh perawatan yang benar. Karena komputer tersebut belum tentu bisa digunakan kembali tahun depan.
Sebelum benar-benar menjalankan UN, pihak sekolah melakukan simulasi UNBK kepada peserta UN tahun ini. Wahidatu Nisa peserta UN tahun ini yang berasal dari SMAN  1 Rangkasbitung mengungkapkan kendala saat  simulasi tersebut dilakukan. Dia mengaku ada kendala saat soal listening.
“ Ada. Paling kendalanya di soal listening, kalau yang lainnya aman-aman aja,” tutur Nisa (23/3).
Dari kendala yang terjadi saat simulasi, Nisa berharap kendala tersebut dapat diantisipasi oleh pihak sekolah. (RA/UFA/NEWSROOM)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar