Sifitas Akademik Untirta Menanggapi Hari Bahasa Ibu - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Senin, 05 Maret 2018

Sifitas Akademik Untirta Menanggapi Hari Bahasa Ibu

Reporter : Siti Nurdyanah
Redaktur : Ulvia Fitra Aini


Pelataran kampus A Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Pakupatan Kota Serang pada Hari Peringatan Bahasa Ibu Internasional. (21/2)


Serang – Hari Bahasa Ibu Internasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari ini menjadi peringatan setiap tahun dikarenakan kekhawatiran akan Bahasa Ibu yang mulai punah tergerus oleh zaman yang semakin modern. Sifitas Akademik yang berada di lingkungan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menanggapi tentang adanya Hari Bahasa Ibu. (21/2)

 “Yang disebut dengan Bahasa Ibu itu secara ilmiah adalah bahasa yang diajarkan pertama kali kepada manusia. Siapa yang mengajarkan bahasa? Ya, ibunya yang paling rajin bukan ayah gitu. Maka disebutlah bahasa ibu. Kalau kamu lahir di Jerman dan bila ibumu orang Jerman, maka bahasa ibunya Jerman, kata Arip Senjaya selaku Kepala Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Selain itu beliau turut menulis status di sebuah media sosial dalam rangka memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional.

Dalam memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional bisa diterapkan dalam percakapan kepada teman sebaya dengan bahasa ibu yang dapat dimengerti dan cocok dalam lingkungan tersebut dengan tujuan melestarikannya. Selain itu, ada juga mahasiswa yang mengharapkan adanya peringatan Hari Bahasa Ibu di Untirta. Agar semua mahasiswa Untirta dapat mengetahui eksistensi Hari Bahasa Ibu.

“Kalo di kampus kan banyak teman-teman yang gak tau tentang adanya Hari Bahasa Ibu karena gak ada yang merayakan. Mungkin himpunan-himpunannya harus lebih aktif lagi, misalkan dalam bentuk flyer atau lomba-lomba,” ujar Giolia Arsy Robiyyah.

Seperti yang telah diketahui, Hari Bahasa Ibu Internasional diresmikan oleh badan PBB UNESCO pada tanggal 17 November 1999 untuk melestarikan semua bahasa di dunia dari kepunahan. (SN/ULV/Newsroom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar