Ukhuwah Islamiah Dalam Memanah - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 06 Maret 2018

Ukhuwah Islamiah Dalam Memanah

Reporter : Titania Alma Meini
Redaktur : Tiara Dwi Ristanti




Beberapa anggota wanita di Komunitas Pemanah Cilegon sedang berlatih memanah
(Foto: Instagram.com/sahabat_kompac)

CILEGON-(4/3) Olahraga panahan kian marak diminati oleh kaum hawa, khususnya di Kota Cilegon. Salah satu komunitas panahan yang ada di Cilegon adalah Komunitas Panahan Cilegon (Kompac). Komunitas ini diresmikan pada tanggal 1 Oktober 2017, terdiri dari 130 anggota yaitu 80 anggota laki-laki dan 50 anggota perempuan. Waktu berlatih dilakukan pada setiap hari Minggu bertempat di lapangan Bonakarta, Cilegon.
Olahraga panahan merupakan kegiatan menggunakan busur panah untuk menembak anak panah. Kompac hadir untuk mewadahi seluruh lapisan kalangan masyarakat Cilegon yang menyukai olahraga panahan khususnya wanita. Sahabat kompac adalah nama untuk para anggota di dalamnya. Salah satu pendiri komunitas, Rizal Nurahman Siddiq yang menjabat sebagai ketua umum kompac menyatakan bahwa olahraga panahan sangat bermanfaat untuk wanita.
“Seperti halnya olahraga lainnya, olahraga panahan pun memiliki banyak manfaat diantaranya, melatih kesabaran, kefokusan dan kegesitan. Sebenarnya tidak wajib, karena olahraga panahan sifatnya adalah sunnah yang artinya boleh dilakukan boleh juga tidak. Namun kalau dilakukan InsyaAllah mendatangkan pahala. Harapan saya, coba dulu dan rasakan nikmatnya olahraga panahan”, ucap Rizal.
Salah seorang anggota Kompac Ummu Taqiya menambahkan bahwa manfaat mempelajari olahraga panahan yaitu bertambah ilmu, ukhuwah dan kebahagiaan. Ia juga menanggapi olahraga panahan penting untuk wanita.
“Penting, karena al-ummu madrasahtul uula dan seorang wanita atau calon ibu-ibu itu harus memiliki berbagai keterampilan, salah satunya olahraga yang di sunnahkan oleh Rasulullah yaitu panahan. Sehingga bisa menanamkan dan menumbuhkan kecintaan olahraga sunnah sejak dini”, ujar Ummu.
Ummu mengaku sudah bergabung bersama kompac selama 4 bulan dan ia berhasil meraih juara 2 dalam turnamen antar Komunitas Panahan Cilegon (Kompac) dan Persaudaraan Panahan Banten (PPB). Tak hanya itu, kompac pun meraih juara 1 dan 2 pada latihan bersama PPB di Kendang.
“Alhamdulillah, olahraga panahan di kalangan wanita juga sudah mulai membumi dan terkenal dengan adanya komunitas-komunitas di beberapa daerah dan adanya kegiatan-kegiatan serta lomba-lomba, sehingga kaum wanita berminat untuk mengikuti kegiatan panahan”, tambahnya.
(TAM/ARA/NEWSROOM)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar