Antusias Pelajar Lebak Terhadap Tradisi Seba Baduy - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 24 April 2018

Antusias Pelajar Lebak Terhadap Tradisi Seba Baduy

Reporter : Riri Alya
Redaktur : Ulvia Fitra Aini




Warga Baduy saat upacara adat Seba Baduy di Pendopo Kabupaten Lebak Alun-Alun Rangkasbitung.
LEBAK - Seba Baduy merupakan tradisi adat suku Baduy yang memiliki arti memberikan hasil panen kepada Pemerintah. Tradisi Seba Baduy ini dilaksanakan satu tahun sekali pada saat panen tiba. Perjalanan yang ditempuh sangat panjang. Pertama mereka mendatangi pendopo Kabupaten Lebak pada hari Jumat (20/4) dan akan melanjutkan perjalanannya ke kantor Gubernur Provinsi Banten pada keesokan harinya, Sabtu (21/4).
Tidak hanya sekedar menyerahkan hasil panennya saja, dalam Seba Baduy ini, warga Baduy dapat mengutarakan keluh kesah dan harapan mereka terhadap pemerintahan Banten. Dalam kesempatannya, Jaro Saija (ketua adat) mengungkapkan harapan suku Baduy untuk kedepannya.
“Urang ngaharepkeun kapayuna Banten iyeu iman, aman, uman, amin, (kami mengharapkan ke depannya, Banten ini iman, aman, uman, amin),” ungkap Jaro.
Warga Baduy sampai di Kota Rangkasbitung pada pukul tiga sore dan disambut dengan berbagai kesenian Lebak seperti Rampak Bedug. Warga Lebak pun tak kalah antusias. Dari semua kalangan pun beramai-ramai mendatangi Pendopo Bupati. Seperti salah satu pelajar asal Lebak, Indah yang berumur 16 tahun ini yang sedang menyaksikan acara Seba Baduy masih dengan seragam sekolahnya. Ia mengaku saat itu sesudah pulang sekolah langsung berangkat ke Alun-alun bersama teman-temannya untuk menyaksikan acara Seba Baduy ini. 
Indah pun mengaku sangat antusias kedatangan warga Baduy ke Kota Rangkasbitung ini, dan dengan menyaksikan acara Seba Baduy ini dapat menambah pengetahuan tentang budaya Lebak yang sudah ada sejak lama.
"Antusias banget. Soalnya kan satu tahun sekali. Ini juga kan tradisi yang harus terus dilaksanakan, dan menurut saya ini juga merupakan pengetahuan bagi saya karena saya kan orang Lebak, jadi harus tau budaya-budaya yang dimiliki Lebak ini,"ucap Indah.
Pengetahuan tidak hanya didapatkan di Sekolah formal saja. Dengan cara mengikuti acara-acara budaya seperti seba Baduy ini pun dapat menambah pengetahuan tentang budaya yang ada. (RAH/UFA/NEWSROOM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar