Kemeriahan World Book Day Rumah Dunia - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 24 April 2018

Kemeriahan World Book Day Rumah Dunia

Reporter : Bayu Pratama
Redaktur : Jasmine Putri L.




(Acara launching 34 buku karya penulis Banten yang diadakan di Rumah Dunia)
SERANG - Ada yang berbeda di ruas Jalan Kemang Pusri siang itu. Di sebuah Rumah Dunia yang berada di Kota Serang tersebut terlihat keramaian yang tak biasa. Ternyata di tempat itu sedang digelar acara World Book Day yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kartini, Hari buku sedunia dan Hari Pendidikan Nasional. (22/04)
Rumah dunia sendiri setiap tahunnya menyelenggarakan kegiatan ini atau bisa disebut dengan World Book Day. Acara ini dimulai dari tahun 2011 sampai tahun ini. World Book Day sendiri yaitu menerbitkan buku buku fiksi maupun non fiksi karya temen temen atau anak muda di Banten. Di tahun ini menerbitkan 34 buku berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu hampir 64 buku, sekarang menurun menjadi 34 buku tetapi itu tidak menjadi permasalahan karena kegiatan tetap berjalan dan inshaallah lebih meriah.
“Acara ini bertujuan untuk memotivasi penulis - penulis muda serta bibit-bibit muda yang sedang belajar menulis, kemudian ada juga yang memang sudah mahir menulis ingin dirayakan dan ingin merayakan lebaran buku atau lebarannya para pecinta buku di Rumah Dunia”. Ujar Daru Pamungkas selaku ketua pelaksana dari rumah dunia.
Antusias masyarakat pun sangat menyambut baik terutama dari beberapa UPT di Banten seperti LPMP Banten kemudian dari Kantor Bahasa yaitu BPCB dan dari BP Paud Dikmas.
“Mereka ikut berkontribusi mensukseskan kegiatan Hari Kartini ini Hari Buku Sedunia dan Hari Pendidikan Nasional, ini sangat positif karena melihat dari pagi sampai saat ini masih ada saja pengunjung baik dari sekolah SD, SMP, dan SMA untuk datang ke Rumah Dunia”. Ujar Daru Pamungkas
Agenda kegiatan ini dilaksanakan tanggal 20 April 2018 - 23 April 2018 yang diselenggarakan di Rumah Dunia Serang, selain diadakan di serang pada tanggal 24 April 2018 – 27 April 2018 diselenggarakan di Rangkas yang diadakan oleh LPMP Banten, mereka mengadakan lomba olahraga seperti voli, basket dan lain-lain. Tetapi pembukaan acaranya diselenggarakan di Rumah Dunia, dan pembukaan acara ini akan dilakukan oleh Bapak Menteri.
“Setiap tahun Rumah Dunia menyeleggarakan kegiatan ini yang biasa disebut World Book Day. dan tahun ini bekerjasama dengan Pemerintahan, berbeda dengan tahun kemarin Rumah Dunia hanya sendiri atau independent. Untuk acara ini mengundang nama-nama besar seperti itu, karena untuk teman-teman yang sedang belajar menulis tentu mungkin butuh asupan nutrisi dari orang-orang luar Banten, Rumah Dunia juga pernah mendatangkan Asmanadia dan Kang Maman, beliau juga penasihan dari moli, kemudian ada orang-orang dari Kemendikbud dan lain-lain. Artinya kegiatan World Book Day ini acara yang besar pasti pemateri atau yang hadir kesini tentu orang-orang yang inshaallah bermanfaat”. Ujar Daru Pamungkas
Rumah Dunia yang dipilih menjadi tempat penyelenggarakan acara ini karena dari orang-orang Pemerintahan tidak memiliki space yang luas kemudian di Rumah Dunia berlokasi strategis, tidak jauh dari tol Serang Timur, kemudian Rumah Dunia juga punya area seluas 3000 meter persegi tepatnya di area depan ini dan representative untuk kegiatan- kegiatan besar seperti World Book Day ini.
“Dari acara gerakan Literasi Sekolah ini sangat bagus terutama untuk masyarakat, untuk anak-anak sekolah, pelajar, mahasiswa dan sebagainya. Jadi di Gerakan Literasi Sekolah ini yang bisa kamu dapatkan disini seperti, bedah buku, ketemu teman-teman sesama penulis, ketemu teman-teman dari sekolah lain, teman-teman mahasiswa lain. Dan juga kita bisa saling bertukar pikiran untuk membuat program acara entah itu program Literasi Media mungkin. Sangat bagus acara ini, harus terus diselenggarakan agar masyarakat juga semakin sadar bahwa acara-acara seperti ini sangat penting sekali bagi anak-anaknya atau semua umur”. Ujar Ghifari salah satu pengunjung



Tidak ada komentar:

Posting Komentar