Mengenal Budaya, Salah Satu Cara Mengenal Kartini - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 24 April 2018

Mengenal Budaya, Salah Satu Cara Mengenal Kartini

Reporter : Dwika Putri Agustine
Redaktur : Ulvia Fitra Aini





Salah satu murid TK yang menjadi peserta fashion show pada peringatan Hari Kartini di Carrefour, Serang, Sabtu (21/4)

SERANG – Tak seperti biasanya, Carrefour Ciceri terlihat ramai dengan anak-anak  berpakaian khas  tradisional Indonesia. Hal ini terjadi lantaran diadakannya acara peringatan Hari Kartini yang jatuh pada Sabtu (21/4). Acara yang berlangsung sejak pukul 07.30 hingga 11.00 WIB dihadiri oleh siswa siswi Taman Kanak-kanak se-Kecamatan Serang.

Seluruh siswa dari 12 Taman Kanak-kanak di Kecamatan Serang memeriahkan acara ini. Mereka mengikuti berbagai macam lomba seperti karnaval anak dan fashion show menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Terdapat dua perlombaan lainnya, yaitu membaca puisi yang diikuti oleh guru TK dan membuat bekal sehat untuk anak yang diikuti para wali murid.

Acara ini dilakukan bertujuan mengenalkan anak-anak kepada sosok R.A Kartini sebagai pahlawan wanita. Tak hanya itu, guru-guru pun mengenalkan berbagai macam hal kepada murid-muridnya seperti kasih sayang kepada sesama teman, bertoleransi, kebersamaan dan mengenalkan kekayaan budaya Indonesia.

“Jadi kita kenalkan melalui kegiatan-kegiatan karnaval anak, terus anak-anak juga diajak untuk mencintai budayanya, memelihara budayanya melalui mengenal pakaian-pakaian adat seluruh Indonesia bahwa pakaian adat mereka itu berasal dari berbagai macam budaya karena Indonesia itu Bhineka Tunggal Ika,” jelas Nadifa, guru dari TK Bina Bangsa saat saat diwawancarai pada Sabtu (21/4).

Para guru pun melibatkan wali murid, selain agar mempererat tali silaturahmi antar guru dan wali murid, diharapkan juga bisa menciptakan ide-ide kreatif dalam membimbing, menjaga dan mendidik anak-anak.

“Acara ini bisa memotivasi ibu-ibu agar anak-anak itu lebih kreatif lagi dan bisa menjadi kartini-kartini selanjutnya di masa mendatang,” ujar Resti, salah seorang wali murid yang hadir dalam acara ini.

Peringatan Hari Kartini pun dilakukan dengan berbagai cara di daerah lainnya seperti pentas busana nusantara di dalam kereta yang dilakukan oleh PT. KCI di Stasiun Jakarta, menggunakan kebaya bagi para buruh wanita yang bekerja di pabrik rokok di Kudus, Jawa Tengah, dan para polisi wanita di Jakarta yang menggunakan kebaya saat bertugas. (DWK/UFA/NEWSROOM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar