Mewujudkan Cita-cita Besar Kartini Melalui Politik - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 24 April 2018

Mewujudkan Cita-cita Besar Kartini Melalui Politik

Reporter : Nisa Sofiah
Redaktur : Fatimatul Zahra





(Kampanye Calon Walikota Serang di Alun-alun Kota Serang bukti perempuan mampu bersaing di ranah politik/Dok.Pribadi)

SERANG(19/04)- 21 April diperingati sebagai hari Kartini, Kartini ialah pejuang dalam meraih hak-haknya sebagai perempuan berjuang melawan ketidakadilan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak pada zamannya. Perjuangan Kartini juga diwujudkan keterwakilan perempuan di ranah politik. Keterlibatan perempuan dalam politik berujuan untuk meningkatkan partisipasi perempuan yang telah diberikan kuota sebanyak 30% di bangku pemerintahan. 
“Perempuan yang berkiprah dalam politik sangat bagus karena perempuan mempunyai hati nurani yang tinggi sehinga pesannya sampai kepada sesama perempuan” ujar Yunda Ariani, Mahasiswa Keuangan dan Perbankan 2016 Untirta.
Hasil pada Pemilu 2014 menunjukkan Kota Serang menyumbang 90% perempuan ke DPRD Provinsi banten Kota Serang. Anggota legislatif yang terpilih dari DPRD Banten Dapil Kota Serang ialah empat diantaranya perempuan, ini menunjukkan mereka kader terbaik di partai politik yang dinaungi.
Keterwakilan perempuan di bidang politik sangat penting karena perempuan memiliki hak keserataan gender untuk berkiprah dalam politik, bukan hanya laki-laki yang hadir di ranah politik.
 “Justru meningkat, bagaimana partai politik mendorong kader-kader perempuannya untuk duduk di kursi parlemen. Disemua jenjang di Kabupaten, Kota, Provinsi, DPD, DPR RI dan saya kira periode sekarang membaik dari segi kualitas juga membaik.” Ujar Komisioner KPU Kota Serang, Fierly Murdlyat.
Wakil ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Untirta, Fitria Nurhaliza yang memasuki politik kampus mengatakan bahwa perempuan Indonesia itu tangguh dan mampu berpartisipasi aktif dengan kemampuan masing-masing baik di bidang teknologi, sosial, politik, olahraga, dll.
“Semoga perempuan-perempuan di luar sana tidak takut masuk ke dalam ranah politik dan tidak lagi mempermasalahkan gender untuk berjuang bagi masyarakat luas” tambah Fitria
Keterwakilan perempuan di ranah politik  di periode  sekarang sangat meningkat daripada periode sebelumnya, banyak partai politik mendorong kader perempuannya untuk duduk di kursi parlemen daripada di periode sebelumnya. Ini membuktikan cita-cita besar Kartini terwujud yaitu perempuan berhak untuk mendapatkan keseteraan hak, pendidikan yang tinggi, dan berkarya untuk bangsa dan negara untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak. (NS/FZ/NEWSROOM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar