Aturan Berolahraga Saat Menjalani Ibadah Puasa - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 15 Mei 2018

Aturan Berolahraga Saat Menjalani Ibadah Puasa

Reporter : Arif Ardiansyah
Redaktur : Tiara Dwi Ristanti




                                                      Sukalive.com : “Kegiatan berolahraga di pagi hari”

            SERANG - Olahraga merupakan sebuah hal yang penting dilakukan oleh setiap manusia demi menjaga kebugaran tubuh. Dengan berolahraga secara teratur akan membuat tubuh terhindar dari segala macam penyakit. Kita harus selalu menjaga fisik dan kesehatan tubuh di setiap waktunya, apalagi saat ini kita akan menghadapi bulan Ramadan. Tentunya, kita tidak ingin ibadah puasa di bulan Ramadan tahun ini terganggu.
            “Selain meningkatkan daya tahan tubuh, fungsi otak, dan imunitas. Aktivitas ini juga melancarkan metabolisme tubuh, oksigen dan sirkulasi darah. Olahraga menjadi suatu aktivitas yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh karena manfaatnya”, kata Wahyu Gunawan, Pembina Komite Olahraga Mahasiswa Pendidikan (KOMPI) Untirta saat ditemui pada Sabtu (12/5).
            Ia juga mengatakan bahwa meskipun sedang berpuasa, tetap penting untuk melakukan aktivitas olahraga. Jangan jadikan ibadah puasa yang sedang dijalani menjadi suatu alasan untuk tidak berolahraga, karena dengan melakukan aktivitas olahraga saat berpuasa, dapat terhindar dari stres dan juga bisa menjaga kebugaran tubuh.
“Ketika berpuasa, justru olahraga membantu menjaga tubuh untuk terhindar dari stres dan menjaga tubuh tetap bugar”, lanjutnya.
Menurut Wahyu yang juga pelatih futsal  Untirta, ada beberapa aturan yang harus dilakukan dalam melakukan olahraga saat menjalani ibadah puasa, sehingga aktivitas olahraga yang dilakukan nanti tidak mengganggu puasa yang dijalankan. Seperti, mengurangi intensitas olahraga, kemudian menentukan waktu dan tempat yang tepat dalam melakukan aktivitas olahraga.
            “Kurangi intensitas. Olahraga tak perlu lama-lama yang penting tujuannya didapat. Berolahraga lah di jam dan tempat yang tepat. Seperti, berolahraga sebelum pukul 08.00 pagi atau setelah berbuka puasa. Cari tempat yang teduh (indoor) untuk mengurangi pengeluaran cairan tubuh berlebih karena berolahraga”, jelasnya.
            Wahyu pun berharap pada bulan Ramadan ini, tidak ada lagi orang-orang yang malas melakukan olahraga dengan beralasan sedang berpuasa. Jadikan bulan Ramadan tahun ini menjadi bulan yang berkah dan bermanfaat bagi rohani dan jasmani kepada diri kita masing-masing.
(Arif/ARA/Newsroom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar