Menjaga Kebugaran dengan Tetap Berolahraga Sejak Dini - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 01 Mei 2018

Menjaga Kebugaran dengan Tetap Berolahraga Sejak Dini

Reporter : Siti Nurdyanah
Redaktur : Tiara Dwi Ristanti





(Para instruktur senam yang sedang memimpin senam massal sehat bersama IKAPRI  (29/4) di Alun-Alun Ahmad Yani, Kota Tangerang)

Memiliki kondisi fisik yang tetap sehat di masa tua tentulah menjadi impian bagi semua orang. Maka dari itu, sangat penting menjaga kebugaran sejak dini dengan berolahraga secara teratur, makan-makanan yang bergizi dan mengonsumsi vitamin yang dibutuhkan tubuh, maupun dengan mengikuti senam yang diselenggarakan di sekitar lingkungan.

Kartika, seorang duta Sport Club Kota Tangerang menjelaskan bahwa berolahraga setiap hari minimal tiga puluh menit sangatlah penting bagi tubuh. Dia juga mengerti dengan keadaan mahasiswa yang sangat sibuk dengan perkuliahan mereka, namun Kartika berharap mahasiswa dapat menyediakan waktunya sehari cukup 30 menit untuk berolahraga. Minimal melakukan peregangan otot di pagi hari.

“Mahasiswa bisa melakukan olahraga di rumah. Banyak sekali waktu pagi-pagi setelah salat subuh, kita belum melakukan aktivitas, usahakan melakukan pergerakan stretching 24 hitungan itu 8x3. Melakukan stretching sesuai kebutuhan, kalau badan kita sudah lemas, lentur, tidak kaku setelah bangun tidur, kita baru melakukan olahraga”, ujar Kartika.

Wanita berusia 52 tahun yang sudah menjadi instruktur senam selama 23 tahun ini juga menyarankan kepada mahasiswa yang tidak sempat berolahraga di tempat gym dapat melakukan olahraga di dalam rumah dengan melakukan lari-lari kecil di sekitar halaman rumah, naik turun tangga, maupun mengangkat kursi untuk melatih kekuatan otot. Ia juga menyarankan untuk menjaga pola makanan, dengan makan makanan yang bergizi secukupnya, perbanyak buah-buahan, protein dan mengonsumsi karbohidrat secukupnya. Selain itu, Kartika menghimbau agar mahasiswa mengikuti senam aerobik demi menjaga kebugaran.

Salah satunya pada acara Senam Massal Sehat yang dipimpin oleh Kartika bersama Ikatan Kartini Profesional Indonesia (IKAPRI) Provinsi Banten (29/4) yang diselenggarakan di Alun-Alun Ahmad Yani, Kota Tangerang ini diikuti oleh lebih 1000 peserta. Peserta senam ini pun berasal dari berbagai kalangan, anak-anak, muda, tua, pria dan wanita. Acara ini memiliki tujuan untuk menyehatkan wanita dari berbagai kalangan demi masa tua yang tetap sehat dan bugar.

“Karena saya senang olahraga apalagi senam atau zumba. Tau (acara ini) dari sosial media di Instagram disebar sama akun Kota Tangerang, dan liat posternya kayaknya seru aja gitu pasti kan senamnya banyak ibu-ibu. Senam sama ibu-ibu menurut saya seru aja”, tutur Ayu Aliafifah, peserta senam massal.

Mahasiswa Universitas Pamulang ini juga mengatakan meski ditengah kesibukannya sebagai mahasiswa sekaligus pekerja di sebuah perusahaan, sangatlah penting untuk mengikuti senam yang hanya seminggu sekali. Biasanya pada hari Minggu, ia mengikuti senam di acara Car Free Day, namun pada minggu ini ia memilih mengikuti senam massal bersama IKAPRI.

Senam Massal Sehat bersama IKAPRI sendiri diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kartini sekaligus hari ulang tahun IKAPRI yang ke-4 dan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia. Rangkaian acara selain senam massal, ada juga pemeriksaan kolestrol, asam urat, gula darah, donor darah dan PAP SMEAR. Pemeriksaan dan layanan tersebut gratis, hanya dengan membawa persyaratan yaitu berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan BPJS.
(SN/ARA/NEWSROOM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar