Pembentukan Watak Melalui Kegiatan Pengenalan Kampus - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 01 Mei 2018

Pembentukan Watak Melalui Kegiatan Pengenalan Kampus

Reporter : Jihan Chadijah
Redaktur : Agnes Yusuf




Kedatangan Mahasiswa Baru Untirta
(sumber : instagram/@semutuntirta)

SERANG- Tahun ajaran baru sudah di depan mata, seluruh pelajar berlomba-lomba agar bisa diterima di Universitas idaman mereka masing-masing. Jalur Seleksi Nasional Masuk Peguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah diumumkan pada 17 April 2018 lalu. Sama halnya dengan para calon mahasiswa baru, Untirta sebagai Kampus Negeri di Provinsi Banten juga sudah mempersiapkan kedatangan mahasiswa baru. Kegiatan Pengenalan Kampus (KPK) sudah dalam tahap persiapan yang akan dilaksanakan di bulan Agustus mendatang.

KPK merupakan kegiatan awal bagi setiap peseta didik yang akan menempuh jenjang perguruan tinggi, yang dalam rangkaian acaranya merupakan pembentukan watak bagi seseorang mahasiswa baru. Selain itu dalam kegiatan pengenalan kampus ini akan diperkenalkan  organisasi kampus dan kegiatan akademik kampus, serta sebagai wadah untuk mereka lebih beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Dede Nurkholis (21) sebagai Menteri Kaderisasi BEM Untirta menekankan  pentingnya mengikuti kegiatan ini bagi para mahasiswa baru “ Sangat penting, selain menambah relasi pengenalan kampus juga penting karena sebagai penambah pengetahuan mengenai kampus yang apabila tidak mengikuti akan menghambat aktivitas mereka di kampus.” tuturnya Jumat (27/04).

Tanggapan serupa akan pentingnya kegiatan pengenalan mahasiswa baru juga disampaikan oleh Ikhsan (19) yang merupakan Jendral Semut Untirta “ Sangat penting karena dalam kegiatan pengenalan kampus ini bukan hanya membahas tentang pengenalan jurusan yang diambil saja tapi juga tentang bagaimana seluk beluk kampus, kebiasaan, kultur sosial kampus dan juga bertemu dengan teman-teman baru dari fakultas dan jurusan yang berbeda yang sangat berguna untuk membangun relasi kedepannya ataupun membantu dalam hal lainnya.”

Semut Untirta itu sendiri merupakan organisasi Lembaga Semi Otonom di bawah naungan BEM Universitas yang bergerak dibidang kehumasan seperti mempromosikan kampus Untirta baik itu kampus A sampai kampus D. Semut juga melakukan kegiatan antara lain sosialisasi yang biasa disebut “Roadshow” ke sekolah-sekolah yang notabennya masih berada di Provinsi Banten seperti Cilegon, Serang,Tangerang dan sekitarnya.

Bila melihat kebelakang, kegiatan pengenalan kampus tahun lalu konten acara sudah bagus dan menarik dan PR untuk BEM Universitas tahun ini agar membuat kegiatan pengenalan kampus lebih menarik dari tahu lalu.“ Hal yang membedakan acara kegiatan tahun ini lebih dari segi konsepan acara pengenalan UKM yang lebih terstruktur dan isi konten materi-materi yang diberikan pada mahasiswa baru.” tambah Dede.

Kegiatan Pengenalan Kampus tidak jarang dipandang negatif oleh sebagian orang, terkadang mereka menganggap kegiatan tersebut merupakan aksi senioritas kepada calon mahasiswa baru, yang didalamnya ada kegiatan-kegiatan perpeloncoan dan sebagainya, Dede tidak menampik hal tersebut sebab menurutnya tidak terlepas dari sejarah dan kriminalitas ospek sehingga menjadi asumsi awam masyarakat. Lain halnya dengan Ikhsan yang  mengatakan  bahwa masalah ini tergantung  pada presepsi setiap orangnya karena yang ada dipikiran masyarakat mungkin melihat dari sisi negatif yang belum mereka tahu kebenarannya. (JCH/AY/NewsRoom)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar