Penuhi Gizi Saat Berpuasa - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 15 Mei 2018

Penuhi Gizi Saat Berpuasa

Reporter : Chairun Nisa
Redaktur : Jasmine Putri L.





(sumber:www.google.com)
SERANG – Tinggal menghitung hari umat muslim akan memasuki bulan suci Ramadhan, tentunya dibulan ini umat muslim akan menjalankan ibadah puasa.
Ada beberapa manfaat puasa bagi kesehatan yaitu membantu menjaga berat badan, meningkatkan kekebelan tubuh, menyehatkan system pencernaan, dan mengeluarkan racun didalam tubuh.
Saat berpuasa pastinya asupan gizi yang masuk kedalam tubuh akan berkurang serta banyaknya aktivitas yang banyak dilakukan saat berpuasa akan tetap dijalani. Maka dari itu penting sekali menjaga kesehatan pada saat berpuasa agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik. Lantas bagimanakah cara agar asupan gizi tubuh kita tetap terpenuhi saat berpuasa?
Menurut Dr. Tricahyani Endah Yuniarti agar gizi tubuh tetap terpenuhi saat berpuasa dengan cara pemenuhan gizi yang seimbang artinya makanan yang dikonsumsi seperti sayur, buah, protein dan karobohidrat dapat dikonsumi dengan baik. Namun pemilihan makanan yang dilakukan harus sesuai dengan kebutuhan gizi yang diperlukan oleh setiap orang, misalnya bagi orang yang terkena penyakit harus hati-hati dalam pemilihan makanan yang dikonsumsi.
“Gizi harus seimbang baik itu karbohidratnya, sayur-mayurnya, vitamin dan protein atau buah-buahnnya itu harus baik tapi untuk orang yang sakit perlu diperhatikan jadi pemenuhan gizi itu sesuai dengan latar belakangnya.”Ujar Tricahyani saat ditemui di Klinik Untirta pada (11/05)
Ia menjelaskan tak ada yang berbeda dengan pemenuhan gizi diluar ketika berpuasa, pada saat berpuasa pemenuhan gizi dapat dilakukan pada saat buka puasa, selesai menunaikan shalat tarawih atau pada saat sahur.
Selain itu dr.Tricahyani menambahkan kegiatan olahraga yang dilakukan saat berpuasa sangat baik untuk dilakukan karena dengan berolahraga dapat memperlancar peredaran darah serta dapat meningkatkan kinerja otak dengan baik.
Dr.Tricahyani memberikan tips agar pada saat berpuasa rasa lapar tidak cepat melanda yaitu dengan mengkonsumi makanan yang mengandung banyak serat seperti oatmeal (CN/JPL/Newsroom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar