Perbedaan Antara SMA dan Kuliah - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 01 Mei 2018

Perbedaan Antara SMA dan Kuliah

Reporter : Bayu Pratama
Redaktur : Jasmine Putri Larasati



(bakal calon mahasiswa Ilmu Komunikasi 2018-2019)
Sumber: Tb. M. Yusuf Afif 

SERANG – Ditahun ini masa dimana siswa - siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) akan beranjak ke tingkatan yang lebih tinggi atau lebih dikenal dengan sebutan Kuliah. Sebagian orang pasti pernah membandingkan atau sekedar membayangkan kehidupan SMA dan dunia kuliah yang akan mereka jalani kedepan nya. Tak sedikit juga yang bilang dunia kuliah itu lebih enak dibanding dunia sekolah. Salah satunya dunia kuliah bisa bebas berekspresi layaknya seniman, serta mayoritas jurusan tidak ada aturan harus menggunakan seragam. (29/4)
Beberapa perbandingan kehidupan SMA dengan masa kuliah dan juga di dalam dunia perkuliah pun kita harus memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat diri kita sendiri.
 “lingkungan dari penyampaian materi pembelajaran saja sudah beda. Kita jadi lebih lepas, tidak seperti di SMA yang masih dituntun oleh guru. Walaupun beberapa dosen masih menyampaikan materi perkuliahan dengan gaya seakan kita masih pelajar, tetapi ada juga yang benar-benar dilepas. Lingkungan dunia perkuliahan dengan SMA jauh berbeda. Jika SMA, semua pelajar seperti mempunyai status dan prinsip yang sama mengikuti aturan sekolah. Tetapi kalau sudah masuk dunia perkuliahan, yang mana kuliah semuanya jadi balik lagi ke diri kita sendiri. Kuliah itu seperti miniatur sebuah Negara, jadi lebih kelihatan berbagai macam manusia dengan prinsipnya masing-masing. Balik lagi, jadi lebih dilepas dan mandiri.” Ujar Lestari salah satu mahasiswa baru jurusan ilmu komunikasi.
 “ia memilih jurusan ilmu komunikasi karena memang jurusan tersebut yang ia minati untuk mengejar cita-cita yang sudah ia impikan.” Ujar Yusuf mahasiswa baru jurusan ilmu komunikasi.
“Kuliah itu sangat penting karena di dalam dunia pekerjaan kita membutuhkan skill atau kemampuan dan kecerdasan. Semua itu diperoleh dari ilmu yang kita pelajari selama kuliah. Kuliah juga bukan cuma belajar materi, tetapi praktek di lapangan serta membuka pikiran dan meningkatkan kreatifitas. Tempat untuk mengenal banyak orang dengan berbagai pengalaman mereka, jadi bisa mendapatkan banyak informasi dari sudut pandang yang berbeda.” Ujar Lestari
Dengan harapan seiringnya berjalannya waktu kecakapan dalam berkomunikasi selalu bertambah baik. Serta lewat kecakapan dalam berkomunikasi tersebut bisa mengejar impian dan cita-cita.” Ujar Yusuf (BP/JPL/Newsroom)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar