Persiapan Calon Mahasiswa Baru, Menghadapi Kehidupan Baru - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 01 Mei 2018

Persiapan Calon Mahasiswa Baru, Menghadapi Kehidupan Baru

Reporter : Arif Ardiansyah
Redaktur : Agnes Yusuf





Tribunnews.com :“Persiapan calon mahasiswa baru”
                SERANG – Penyesuaian diri dengan lingkungan baru menjadi sangat penting saat kita memasuki kehidupan yang baru. Mungkin itulah yang harus dilakukan oleh para calon mahasiswa tahun ini dalam mempersiapkan masa perkuliahan yang akan datang sebentar lagi. Bukan hanya tentang lokasi, tapi juga sistem pembelajaran, proses belajar, dan mengatur waktu dengan sebaik-baiknya sangat perlu dipikirkan secara matang. Kehidupan di universitas tentunya akan sangat berbeda dibandingkan dengan kehidupan yang pernah dialami di masa SMA dulu.
            Seperti halnya, pada salah satu calon mahasiswa baru jalur SNMPTN 2018 di Untirta yang bernama Naufal Refithalia (18). Mental yang matang dan keberanian yang kuat telah ia persiapkan untuk menghadapi kehidupan barunya sebagai Mahasiswa nanti. ia siap untuk bersaing dan berusaha untuk menjalani perkuliahannya kelak.
            “Persiapan mental yang mungkin lebih dimatangkan lagi dalam mengahadapi kehidupan yang baru, dan tetap jadi diri sendiri bersaing secara sehat serta berusaha untuk tidak mudah menyerah atau putus asa” katanya.
            Calon mahasiswa baru Untirta yang tinggal di daerah Tangerang ini juga mengatakan, saat menjalani masa perkuliahannya nanti, ia memilih untuk tinggal di Serang dengan menyewa kos-kosan yang lokasinya berada dekat dengan kampus.
“Saya mungkin kost untuk beberapa semester saja gar tidak bulak balik antara rumah-kampus dan saya ngekost yang didekat dekat kampus” lanjutnya.       
            Lokasi kampus yang jauh dari rumah memang tidak bisa menjadi suatu alasan bagi kita untuk menyerah. Salah satu contoh mahasiswa yang tetap berkuliah meskipun harus tinggal jauh dari rumahnya adalah Rizka Amalia Dalimunthe. Saat ini, ia adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis semester 6 di Untirta. Seluruh keluarganya tinggal jauh di luar kota Serang, yaitu kota Medan. Karena jaraknya yang jauh, membuat dia jarang pulang untuk bertemu keluarganya di rumah dan memilih untuk tinggal sendiri di sebuah kos-kosan yang lokasinya berada di dekat kampus. Mental yang kuat dan belajar hidup mandiri membuat dia tetap bertahan untuk terus berkuliah.
“Mental tentunya, karena aku disini merantau tanpa ada kenalan atau keluarga. Harus melakukan semua sendiri dan juga mandiri.” Tuturnya
Mahasiswa asal medan ini juga memiliki pesan kepada para calon mahasiswa baru yang rumahnya jauh dari Kampus untuk tetap semangat dan berusaha dalam menjalaninya walau berat, demi menuju kesuksesan bersama.
“Semangat, usaha, doa, yakin dan jangan mudah putus asa. Karena ini latihan untuk menuju sukses kita” lanjutnya. (AA/AY/Newsroom).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar