Pilihan Olahraga Untuk Kesehatan Tubuh Saat Berpuasa - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 15 Mei 2018

Pilihan Olahraga Untuk Kesehatan Tubuh Saat Berpuasa

Reporter : Dinda Oktavika
Redaktur : Tiara Dwi Ristanti




Sumber foto : klikdokter

            SERANG – (13/5) Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik maupun psikis yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan tubuh seseorang. Bulan Ramadan adalah bulan yang diperingati oleh umat Muslim di dunia dengan berpuasa, yaitu menahan makan dan minum dari terbitnya fajar hingga terbenam matahari.
            Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadan, tentu saja meskipun kita berpuasa kesehatan tubuh tetap harus dijaga, dan puasa bukanlah sebuah halangan untuk kita menundanya karena kita bisa melakukan olahraga ringan, berikut jenis olahraga yang bisa kita lakukan.
            Menurut Asmiri, guru olahraga SMPN 1 Pulo Ampel ada beberapa jenis olahraga ringan yang dianjurkan untuk kita lakukan meskipun sedang berpuasa yaitu bersepeda, jogging/lari kecil, dan olahraga golf.
            “Kalau dari segi materi yang dipelajari sih tidak ada, tidak dianjurkan gitu apalagi siang hari. Tapi kalau untuk mengisi waktu yang kosong dan untuk badan yang tetap sehat saat puasa kita bisa olahraga ringan saja, seperti bersepeda, jogging, atau olahraga golf”, ujarnya.
            Dari masing-masing olahraga yang disebutkan tadi tentu saja memiliki keuntungan. Pertama, bersepeda hal ini dilakukan guna menjaga kebugaran tubuh. Kemudian jogging/lari kecil bagus untuk kesehatan jasmani dimana tubuh kita jadi tidak gampang letih. Dan untuk golf sendiri memiliki keuntungan yang sama seperti bersepeda, yaitu menjaga kebugaran tubuh.
            Berbeda halnya yang dilakukan oleh Rafly Vinando, Mahasiswa Gunadarma 20 tahun, untuk kesehatan dan kebugaran fisiknya saat berpuasa dia lebih memilih untuk senam ringan atau 7 minutes workout. Olahraga ini seperti push-up, sit-up dan lain-lain. Dengan melakukan ini dia mengaku badan menjadi sehat dan lebih bugar. Hal ini dia lakukan sebelum buka puasa.
            Meskipun berpuasa, tidak ada alasan bagi kita untuk bermalas-malasan berolahraga karena kesehatan bagi tubuh adalah hal yang terpenting bagi kita.
(DO/ARA/Newsroom)
           

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar