Program Pendidikan Gratis Untuk Tingkat SMA/SMK - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 08 Mei 2018

Program Pendidikan Gratis Untuk Tingkat SMA/SMK

Reporter : Rezka Listiani Sinaga
Redaktur : Ulvia Fitra Aini




Ilustrasi Siswa SMA. (Sumber: SuaraPGRI)
SERANG - Pemerintah Provinsi Banten berencana memberikan reformasi pendidikan agar pendidikan di Banten terus meningkat kualitas dan pelayanannya. Salah satunya dengan program sekolah gratis di Tingkat SMA/SMK di Provinsi Banten.
Program sekolah gratis ini rencananya akan direalisasikan pada tahun ajaran baru, yaitu bulan Juli tahun 2018. Kepastian itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten Engkos Kosasih Samanhudi, kepada Radar Banten Januari tahun ini.
Gubernur Banten, Wahidin Halim mengatakan, definisi sekolah gratis sangat sederhana, yaitu pihak sekolah tidak meminta uang iuran kepada siswa, itu sudah disebut gratis. Mendengar kabar itu, Dian Aulia, siswi SMKN 3 Kota Serang mengatakan bahwa program tersebut bagus dan harus cepat dilaksanakan.
“Bagus dong, jadinya bisa mengurangi beban orang tua juga, apalagi bagi siswa dari kalangan yang kurang mampu, semoga cepat dilaksanakan ya, dan jangan cuma rencana” ujar Dian.
Dikutip dari Kabar-banten.com, pelaksanaan program pendidikan gratis ini baru akan diterapkan pada ajaran baru 2018 karena sekolah menggunakan sistem tahun ajaran bukan tahun anggaran. Hal itu disampaikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten.
“Dengan menggunakan tahun ajaran, maka biaya pendidikan ke sekolah akan lebih bermanfaat. Perencanaan pendidikan gratis harus sesuai dengan sistem yang digunakan oleh sekolah, agar anggaran bisa dimanfaatkan secara maksimal,” katanya,
Program yang baru di mulai bulan juli nanti membuat sebagian orangtua khawatir bahwa itu hanya angan-angan dan janji manis politik saja. Salah satunya adalah Muhammad Rudy (45). Pria yang bekerja sebagai karyawan swasta ini juga berharap bahwa pendidikan gratis ini akan di laksanakan secara merata hingga daerah terpencil sekalipun.
“Iya, jangan sampai program pendidikan gratis ini cuma sekadar janji di awal agar di pilih saja, karena masyarakat Banten butuh bukti bukan janji,” tegasnya.
 Sebelumnya, pendidikan gratis ini baru ada untuk tingkat SMP, dan itu merupakan dorongan bagi Wahidin untuk membuat program pendidikan gratis tingkat SMA/SMK. (RLS/UFA/NEWSROOM)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar