Tips Berolahraga Saat Menjalankan Ibadah Puasa - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 15 Mei 2018

Tips Berolahraga Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Reporter : Nisa Sofiah
Redaktur : Tiara Dwi Ristanti




(Jogging merupakan olahraga ringan yang dianjurkan selama berpuasa. Foto: Nisa S)

SERANG(10/05) - Mendekati bulan puasa, tidak menjadi alasan untuk tidak menjalankan aktivitas seperti biasa. Menjaga kesehatan merupakan bagian penting dalam menjalankan ibadah puasa agar tubuh tetap sehat dan bugar. Persiapkan diri mulai sekarang sehingga terhindar dari rasa lemas ketika mengawali ibadah puasa. Olahraga salah satu contoh pengaruh positif untuk menjaga daya tahan tubuh, ada beberapa tips berolahraga selama berpuasa tanpa mengganggu aktivitas puasa.
Anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Yayan S Ryan, mengatakan tips berolahraga selama berpuasa ialah melakukan jenis olahraga ringan seperti jalan santai dan bersepeda, sebab jenis olahraga berat menyebabkan dehidrasi dan suhu tubuh menurun. Waktu olahraga sebaiknya pagi hari selang dua jam setelah sahur. Kemudian, hindari berolahraga di waktu istirahat, seperti waktu tidur. Durasi waktu yang ideal untuk olahraga minimal 15 menit dan maksimal 30 menit.
“Berolahraga diimbangi pola makan seperti mengurangi makanan yang berlemak, santan, dan manis. Minum air putih yang banyak, dan sebaiknya olahraga di tempat yang teduh atau indoor, tambah Yayan ketika ditemui di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta, Jumat (10/05).
Manfaat dari berolahraga saat berpuasa sangat banyak, seperti melancarkan peredaran darah, mengeluarkan racun dari tubuh (detoksifikasi), menghilangkan rasa malas dan ngantuk, serta menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan segar menjalankan aktivitas selama berpuasa.
“Latihannya jangan terlalu menggunakan fisik karna dapat menghabiskan tenaga dan membuat dehidrasi, namun latihannya hanya sekedar untuk meregangkan otot-otot seperti pemanasan, lari-lari kecil (jogging) dan melakukan latihan teknik agar tidak lupa dan kaku”, ujar Atlet Badminton tingkat Provinsi Banten, Lisa Septiana (20)
(NS/ARA/Newsroom)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar