Tips-tips Memilih UKM yang Tepat Sesuai Minat - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 01 Mei 2018

Tips-tips Memilih UKM yang Tepat Sesuai Minat

Reporter : Aina Aristia
Redaktur : Jasmine Putri Larasati


Dokumentasi Pertunjukan Salah Satu UKM Untirta, yaitu UKM Pandawa. Sumber : Google

SERANG - Bicara soal mahasiswa baru tidak terlepas dari acara penyambutan yang dibuat khusus oleh senior-senior di perguruan tinggi. Hal ini dilakukan sesuai dengan ciri khas universitas masing-masing. Pada penyambutan tersebut, tentunya menyiapkan berbagai acara untuk mengenal kampus lebih dalam. Dimana salah satu yang menjadi rangkaian acaranya adalah pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Dengan adanya promosi UKM ini diharapkan mahasiswa dapat menyalurkan minat dan bakatnya masing-masing sebagai aktivitas di luar kelas.

“UKM menurut Saya itu, tempat dimana mahasiswa menyalurkan minat dan bakat mereka juga tempat belajar bagi mahasiswa. UKM juga sebagai laboratorium untuk mengasah minat dan bakat kita, tinggal kita orang-orang yang ada didalamnya harus menggunakan semaksimal mungkin. Selain itu, UKM punya tempat tersendiri di hati Saya, yaitu sebagai hiburan, penyemangat, dan sebagai tempat menempa diri Saya untuk menjadi orang yang lebih kuat dan dewasa.” tutur Direktur Teater Kafe Ide Untirta 2018, Gita Sentanari Pinem (19).

Memilih UKM yang tepat dan sesuai minat tentunya menjadi kegalauan tersendiri bagi mahasiswa baru. Nah berikut ini tips-tips khusus untuk memilih UKM yang kamu banget deh!

1. Ikuti apa kata hatimu
“Bagi mahasiswa yang bingung memilih suatu UKM atau organisasi itu lebih baik ngikutin apa kata hati dirinya,” tutur Sekretaris Umum UKM Klasik Untirta 2017, Bima (22)

2. Mencari tahu seluk beluk UKM yang diminati
“Cari tahu dulu seluk beluk UKM yang diminati, ketika udah tau dan ngerasa nyaman baru ikuti UKM-nya,” terang Ketua Umum UKM Pandawa 2017, Cecep Fathurohman.

3. Yakini hati dan tentukan motivasi pada UKM yang akan kamu pilih
Gausah galau-galau milih UKM itu, selow ae hehehe… Pertama lihat dulu dirimu, kamu yakin gak milih UKM itu, tentuin apa sebenarnya motivasi kamu untuk ikut UKM itu, dan pada saat kamu udah milih UKM itu, kamu harus bisa berkomitmen didalamnya. Intinya mah jangan cuma ikut-ikutan dan iseng,” jelas Direktur Teater Kafe Ide Untirta 2018, Gita Sentanari Pinem (19).

4. Membuat daftar UKM yang sesuai keinginan, kemudian seleksilah sesuai kebutuhan
“Saya tau gimana rasanya, bingung mau milih UKM yang mana, karena maunya Saya banyak pada saat itu, tapi Saya me-list UKM mana aja sih yang mau Saya ikuti. Ada beberapa UKM, nah Saya analisis satu-satu. Ketika Saya masuk UKM ini apa nih yang bakal terjadi, gimana kedepannya, apakah tujuan Saya bakal tercapai, ya setidaknya memikirkan bayangan yang akan terjadi lah,” kata Gita Sentanari Pinem yang juga sebagai mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2016.

Tentukan UKM yang juga bisa membantumu dalam hal akademik
“Ketika Saya memilih UKM Teater, pertama Saya suka dengan acting. Selain itu, UKM yang Saya ini sejalur dengan jurusan Saya, jadi secara tidak langsung membantu akademik Saya,” tambah Gita Sentanari Pinem.
Itulah beberapa tips-tips bagi kamu yang sedang bimbang dalam memilih UKM yang tepat dan sesuai dengan minat. Pada intinya, pilihlah UKM yang sesuai keinginan kamu, tentukan tujuannya, dan teguhkan komitmen pada hati dan organisasi yang kamu pilih. Semoga bermanfaat.
(ANA/JPL/NEWSROOM)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar