Tips & Trik: Menjadi Wartawan Yang Baik dan Benar - Newsroom Fisip UNTIRTA

Breaking

Selasa, 08 Mei 2018

Tips & Trik: Menjadi Wartawan Yang Baik dan Benar

Reporter : M. Reza Pratama
Redaktur : Jasmine P. Larasati






Tips & Trik: Menjadi Wartawan yang baik dan benar (Foto: Ilustrasi)

Wartawan atau jurnalis adalah seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik atau orang yang secara teratur menuliskan berita (berupa laporan) dan tulisannya dikirimkan atau dimuat di media massa secara teratur. Selain mencari informasi, wartawan juga mengolah dan mengobservasi sesuatu hal yang ingin dijadikan berita. Seorang wartawan harus mencari fakta atau bukti yang nyata sebelum membuat suatu berita, karena berita memiliki arti yaitu laporan peristiwa berupa paparan fakta dan data, itu artinya wartawan tidak boleh membuat suatu berita berdasarkan opininya sendiri.

Menurut Nana Sutisna seorang jurnalis di Jawa Pos Tv, saat ini seorang wartawan haruslah lulusan S1, karena minimal ia pernah melakukan penelitian dan mempunyai pengetahuan yang cukup banyak. Menjadi wartawan harus memiliki kepekaan yang cukup baik terhadap lingkungan agar dapat membuat suatu berita dengan mudah.

Sebelum menjadi jurnalis di Jawa Pos Tv, Nana sudah cukup lama menjadi seorang wartawan di berbagai media cetak. Dari pengalamannya sebagai wartawan, ia bercerita bahwa wartawan saat ini dimudahkan dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, karena menurutnya pada zaman dulu, bila ingin mengirim suatu berita ke kantor berita, harus melalui fax, apa lagi jika ingin mengirim gambar, dimana seorang wartawan harus datang langsung ke kantor berita tersebut. Menurutnya perkembangan teknologi sangat membantu wartawan dalam membuat berita, karena hanya menggunakan ponsel kita dapat mencari berbagai informasi yang tersedia di internet

Namun terdapat dampak negatif terhadap perkembangan teknologi tersebut, yaitu wartawan yang malas mencari informasi yang detail, dia akan melakukan Copy Paste dari berita yang sudah jadi. Ini merupakan hal buruk bagi seorang wartawan karena kita tidak boleh melakukan plagiat terhadap apapun tanpa mencantumkan sumber berita.

“Namun hal yang negatifnya adalah copy paste dan itu plagiat, menurut saya haram berplagiat, dan plagiat artinya seorang wartawan tidak ingin berkarya.” Ujar nana ketika ditanya tentang perbedaan wartawan zaman dulu dan zaman sekarang.

Menurutnya seharusnya wartawan di zaman sekarang harus lebih pintar berkat bantuan teknologi yang semakin canggih. Namun hal buruknya adalah karena mudahnya mendapatkan informasi, seorang wartawan akan menjadi manja, yang artinya ia terlalu tergantung kepada ponsel.

Lalu menurutnya ada beberapa tips & trik untuk menjadi wartawan yang baik dan benar, pertama dan yang paling penting menurutnya adalah jangan pernah lelah belajar, karena belajar itu bisa berbagai cara, namun ia membiasakan dengan cara membaca, khususnya bacaan-bacaan yang berhubungan dengan pekerjaan kita. Lalu yang kedua adalah jangan pernah menganggap sesuatu itu adalah hal yang sulit, karena jika kita menganggap sesuatu hal itu sulit, maka separuh energi kita sudah hilang secara psikologis. Jadi menurut ia kuncinya adalah jangan pernah lelah belajar. (MRP/JPL/Newsroom)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar